Habib Ja’far Kudus Berpulang Doanya untuk Negeri Ini Terus Terkenang

Yang selalu teringat dari Habib Ja’far Al Kaff Kudus adalah penampilannya yang nyentrik. Doa-doanya untuk negeri ini juga menarik. Beliau tak lelah memanjatkan untuk Indonesia aman, berkah, manfaat, ekonomi gampang.

Hujan turun rintik-rintik menjelang waktu isyak, hari pertama di tahun 2021 kemarin. Status whatsapp saya penuh dengan foto Habib Ja’far Al Kaff Kudus, lengkap dengan pesan pendek yang mengabarkan beliau telah wafat di Samarinda, Kalimantan Timur.

Tidak lama bertebaran tangkapan layar seolah-olah mengklarifikasi itu sebagai berita bohong. Di grup-grup whatsapp terjadi perdebatan. Tidak lama muncul video Habib Umar Muthohar Semarang memberi keterangan mewakili keluarga besar Habib Ja’far.

Habib Umar adalah sahabat karib Habib Ja’far. Dalam berbagai kesempatan ceramahnya habib yang terkenal dengan guyonan yak nah ini seringkali mengisahkan kebersamaannya dengan Habib Ja’far, lengkap dengan cerita-cerita karomah yang bisa dipetik hikmahnya oleh masyarakat.

 “Mewakili keluarga besar saya menyampaikan berita duka ini. Habib Ja’far meninggal sore tadi (1/1/2021) di Samarinda. Dan akan dimakamkan di Kudus besok pagi,” terang Habib Umar dalam video berdurasi 1 menit 29 detik tersebut.

Habib Ja’far akan dimakamkan di makam Ploso Kecamatan Jati, Kudus hari ini. Diperkirakan jenazah akan sampai di Kudus sekitar pukul 11.00.

Habib Ja’far terkenal sebagai habib yang nyentrik. Dari segi penampilannya cukup mencolok. Dalam berbagai kesempatan beliau selalu berpakaian sederhana. Memakai peci hitam dan kemeja putih. Rambutnya gondrong terurai bebas. Dengan kumis dan jenggot yang juga tergerai panjang.

Satu hal yang terus membekas ketika mengingat Habib Ja’far adalah ketika beliau memimpin doa. Dalam berbagai kesempatan acara maulid nabi, Habib Ja’far selalu kebagian memimpin doa. Doa yang menggetarkan hati siapapun di negeri ini. “Indonesia aman, berkah, manfaat, ekonomi gampang”. (arf)

 

 

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »