Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antisipasi Tunggakan Pajak Miliaran di Keling dan Sekitarnya, Gerai Samsat Kelet Dibuka

DOKUMEN DISKOMINFO JEPARA


JEPARA
– Tunggakan pajak kendaraan di wilayah Kecamatan Keling dan sekitarnya cukup tinggi, nilai pajaknya mencapai miliaran rupiah. Untuk mengantisipasi adanya tunggakan tersebut, Badan Pengeloaan Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jateng bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jepara membuka Samsat Gerai Kelet, di Desa Kelet Kecamatan Keling atau di depan RSUD dr Rehatta.
Pembukaan Gerai Samsat dihadiri Kepala Badan Pengeloaan Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jateng yang diwakili Bidang Pajak Kendaraan Bermotor Johan Hadiyanto, Sekda Jepara Sholih, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Jepara Bambang Hariyanto dan sejumlah instansi terkait Kamis (1/11/2018).
Sekda Jepara Sholih mengatakan, pembukaan Gerai Samsat Kelet ini membuat pemerintah dan masyarakat sama-sama untung. Untungnya bagi masyarakat, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena jarak yang jauh dari Keling ke pusat kota. Bagi pemerintah bisa mempercepat pendapatan pajak kendaraan bermotor.
Rp 5 miliar
Sementara itu, Bidang Pajak Kendaraan Bermotor BPPD  Jawa Tengah Johan Hadiyanto mengatakan, untuk wilayah Keling dan sekitarnya, tunggakan pajak kendaraan bermotor mencapai Rp 5 miliar lebih, atau sebanyak 29 ribu unit kendaraan. Baik tunggakan di tahun berjalan maupun di atas satu tahun. Sehingga harapannya dengan gerai Samsat yang baru ini mampu menekan angka tunggakan pajak kendaraan.
Sektor pajak kendaraan sangat strategis dalam menyokong APBD. Baik APBD Provinsi maupun Jepara melalui dana bagi hasil. Ia menyebutkan, sepanjang 2017 lalu, dana bagi hasil untuk Jepara mencapai Rp 152 miliar. Sementara tahun ini hingga September, realisasi dana bagi hasil mencapai Rp 118 miliar.
Di sisi lain, Gerai Samsat Kelet ini diharapkan bisa membantu dalam mencapai target pajak kendaraan bermotor. Saat ini pendapatan pajak kendaraan bermotor di Jepara baru mencapai Rp 97 miliar lebih, dari target Rp 114 miliar lebih. (pur)


Post a Comment for " Antisipasi Tunggakan Pajak Miliaran di Keling dan Sekitarnya, Gerai Samsat Kelet Dibuka"