Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Pati : Adanya Re-grouping SD Jadi Patokan Keberhasilan KB

Bupati Haryanto


 
PATI – Bupati Haryanto mengklaim pengendalian laju pertumbuhan penduduk melalui program KB di Kabupaten Pati, sangat terasa keberhasilannya. Hal itu terbukti dari banyaknya SD yang melakukan re-grouping dalam beberapa tahun terakhir.
”Penurunan jumlah penduduk di Kabupaten Pati sangat terasa dan terlihat dengan adanya re-grouping SD. Dulu jumlah SD mencapai ribuan, kini turun sekitar 700an saja, dengan jumlah murid berkisar pada angka 60-70 siswa,” papar bupati menjelaskan. Penurunan itu, kata bupati menjadi bukti bahwa program KB di Pati sangat berhasil.
Hal ini, lanjut Bupati Haryanto  juga dibuktikan dengan capaian juara kedua untuk KB Kes tingkat Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu. KB Kes atau KB Kesehatan merupakan upaya sinergis untuk meningkatkan pencapaian sasaran pelayanan yang ada baik untuk kegiatan PKK, keluarga berencana, maupun kesehatan. ”Karena masyarakat juga peduli dengan adanya pencapaian ini,” imbuhnya.
Meski begitu, lanjut Bupati, organisasinya ditarik di pusat, tetapi kegiatan KB di daerah masih tetap berjalan. Hal itu lantaran organisasinya akan tetap dibina pemerintah daerah karena untuk menekan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi.
”Kalau ini tidak kami lakukan, tentunya pertumbuhan penduduk akan meledak sedangkan luasan tanah tidak bertambah. Ini akan menimbulkan persoalan baru,” paparnya.
Pihaknya juga menghimbau, agar masyarakat mulai menghapus anggapan banyak anak banyak rejeki. ”Meski, anak memiliki rejeki masing-masing. Tetapi, kita kan harus berfikir rasional bahwa kebutuhan hidup di masyarakat semakin besar,” tandasnya. (yan)