Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pati Bakal Gelar Lomba Lari Sambil Menengok Tempat Bersejarah

Para peserta akan melewati Gedung Juang 45 di Jalan Panglima Sudirman. Gedung ini menjadi salah satu cagar budaya di Kabupaten Pati



PATI – Lomba lari bertajuk “Sport Tourism Pati Run 2018” bakal digelar 9 Desember mendatang. Tiga kategori disiapkan panitia bagi calon peserta. Mulai dari kategori 3 K, 5 K, dan 7 K. Pendaftaran sudah mulai sejak pekan kemarin.
Start lomba nanti dimulai dari Pendapa Kabupaten Pati. Kemudian menyusuri jalan-jalan utama dalam kota. Termasuk di Jalan Panglima Sudirman. Di jalan tersebut peserta lari bisa berlari sekaligus berwisata sejarah. Beberapa bangunan penting era kolonial Belanda banyak berdiri di jalan tersebut.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sigit Hartoko melalui Kabid Olahraga Kardi menyebut, saat ini sudah banyak pendaftar. Baik dari Pati sendiri maupun dari luar kota Pati. ”Lomba ini bebas diikuti siapa saja. Darimana saja,” kata Kardi.

”Peserta nantinya akan melihat beberapa tempat wisata di Kabupaten Pati. Utamanya wisata sejarah. Ya karena rute lari nanti akan melewati banyak tempat-tempat bersejarah bangunan peninggalan kolonial Belanda. Seperti Gedung Juang 45,” paparnya.
 Lebih lanjut, Kardi menjelaskan, di kategori 3 K, lomba lari lebih kepada kegiatan olahraga rekreasi atau non prestasi. Sementara di kategori 5 K, dan 7 K merupakan kategori prestasi.
Kardi berharap, even lari yang baru pertama digelar ini bisa menjadi sebuah kampanye hidup sehat yang menyenangkan. ”Saat ini sedang tren. Kami harap melalui kegiatan lomba lari ini bisa menjadi ajang sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat melalui olahraga lari,” imbuh Kardi. Sementara itu, untuk memeriahkan gelaran lomba lari ini akan dihibur dengan hiburan orkes musik. (has)