Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugu Bandeng, Identitas dan Kebanggaan Pati Bumi Mina Tani

Patung ikan bandeng raksasa ikon baru kota pati



Pamor Kabupaten Pati, sebagai daerah penghasil ikan bandeng terbaik ditegaskan dengan kehadiran patung ikan bandeng raksasa berukuran sepanjang 26 meter dan lebar 6 meter di ujung barat Jalan Lingkar Selatan. Patung bandeng raksasa yang dibangun lengkap dengan taman serta air mancur tersebut menelan biaya sebesar Rp 3,8 miliar.

Selain bangunan utama berupa patung ikan bandeng raksasa, tugu ikan bandeng ini dilengkapi dengan puluhan patung ikan bandeng kecil yang tersebar di area taman. Untuk mempercantik tugu tersebut, lampu warna-warni juga dipasang. Tugu bandeng ini akan semakin spektakuler saat malam hari.

Patung bandeng tersebut juga dibangun cukup unik. Tidak seperti umunya patung bandeng yang sudah ada. Seperti di Juwana, maupun patung bandeng di dekat SMPN 4 Pati. Patung bandeng ini dibuat seperti abstrak. Cenderung seperti robot bandeng. Karena di dalam tubuh patung bandeng tersebut ada roda-roda yang berwarna kuning keemasan.

Dibangunnya tugu tersebut diakui untuk memperkuat identitas Kabupaten Pati. Tugu tersebut dibangun persis di jalan yang menjadi pintu masuk Pati dari arah Kudus, Semarang, dan wilayah barat. Jalur itu sendiri merupakan jalur nasional.

Pati selama ini memang dikenal sebagai bumi mina tani. Selain hasil pertaniannya yang juga menjadi lumbung pangan Jawa Tengah, wilayah pesisir Pati dengan perikanan tambak bandeng juga menjadi penyuplai kebutuhan konsumsi ikan nasional.

Ikan bandeng dari Pati juga sangat masyhur di luar kota. Di luar Pati, bandeng sangat lekat dengan Juwana. Sebuah kecamatan di sebelah timur kota Pati ini memang dianggap menjadi yang terbaik memproduksi ikan bandeng. Bahkan bandeng presto di Semarang yang melegenda itu mencatut brand Bandeng Presto Juwana. Dimana panganan olahan itu didaulat menjadi oleh-oleh khas ibukota Jawa Tengah itu. Bupati Pati Haryanto bahkan pernah mengungkapkan keheranan, bandeng dari Juwana Pati, tapi yang dapat nama malah bandeng presto juwana seolah-olah dari Semarang.

Kemasyhuran bandeng dari Juwana tersebut lantaran rasanya. Kabid Perikanan Tambak Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pati, Kartika, pernah mengatakan kelebihan ikan bandeng dari tambak di Juwana di banding daerah lain, misalnya Jawa Timur adalah karena rasanya, disamping itu di tambak-tambak Juwana umumnya di Pati tidak berbau lumpur. (hus)

Post a Comment for "Tugu Bandeng, Identitas dan Kebanggaan Pati Bumi Mina Tani"