Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Bupati Pati Menjelang Ujian Nasional



Bupati Haryanto menghadiri sosialisasi ujian nasional

PATI- Sekitar 367 peserta yang terdiri dari Ketua Dewan pendidikan, Ketua PGRI, Korwilcam, Kepala SMP Negeri dan Swasta, Kepala MTs Negeri dan Swasta, Pengawas SD dan SMP, Ketua PKBM, Penilik Sekolah dan Kepala Pondok Pesantren mengikuti sosialisasi Penyelenggaraan Ujian Sekolah untuk SD/SMP sederajat di gedung PGRI Kabupaten Pati, Rabu (20/3/2019) pagi.

Sosialisasi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Pati, Haryanto. Dia mengintruksikan kepada seluruh panitia penyelenggara UN-USBN untuk mempersiapkan segala keperluan dengan matang. Meskipun tidak menjadi syarat kelulusan, pihak sekolah harus tetap memprioritaskan UN-USBN sebagai salah satu faktor keberhasilan pendidikan yang telah dijalankan.

“Hasil UN-USBN juga nantinya bisa menjadi ukuran keberhasilan pendidikan Kabupaten Pati. Untuk itu, hasilnya akan kita jadikan sebagai bahan evaluasi untuk meingkatkan mutu pendidikan kita,” ungkapnya.

Haryanto berharap, karena pihak sekolah maupun pesantren telah rutin menyelenggarakan UN-USBN setiap tahunnya, mereka bisa bersinergi untuk menyelenggarakannya menjadi lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Pati, Winarto menyebutkan, pada tahun ajaran 2018/2019 ini UN-USBN akan diikuti oleh 38.302 siswa, yang terdiri dari SD/MI sebanyak 19.181 siswa, SMP/MTs sebanyak 18.357 siswa, serta paket A,B,C sejumlah 764 siswa, yang tersebar di 1134 lembaga di Kabupaten Pati.

“Sosialisai ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada panitia terkait Prosedur Operasional Standar (POS) yang dikeluarkan pemerintah. Sehingga nantinya panitia bisa melaksanakannya dengan maksimal,” terangnya.

Dia sangat berharap kepada selurh panitia yang hadir mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Baik pada saat persiapan maupun waktu pelaksanaanya. Sebab, baik atau buruknya penyelenggaraan UN-USBN sedikit banyak akan berimplikasi terhadap kualitas hasil ujian peserta didik. (fmh)