Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketoprak Pelajar SMPN 2 Kayen Pati Unjuk Gigi di TMII



Penampilan ketoprak cilik oleh pelajar SMPN 2 Kayen 


Anjungan Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta mendadak ramai Minggu (28/4/2019). Hari itu sedang berlangsung pentas seni budaya. Kabupaten Pati mendapat jatah mengisi acara tersebut.

Pentas seni Kabupaten Pati tersebut mementaskan ketoprak cilik dari SMP Negeri 2 Kayen dan seni drama tari oleh Paguyuban Tari Parengga Jati Laras dengan judul "Sumilak Pedhut Pati Ko Gedhe Sotho Galeng". Kelompok kesenian ini berasal dari Desa Kropak Kecamatan Winong yang dipimpin Budiono.

Pentas tersebut cukup istimewa selain penonton, para tokoh-tokoh baik dari Kabupaten Pati dan Provinsi Jawa Tengah, menyempatkan menonton aksi anak-anak memainkan kesenian ketoprak dan tarian tradisional tersebut. Selain Wakil Bupati Saiful Arifin, hadir juga Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Pati, Plt Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Dewan Pembina IKKP (Ikatan Keluarga Kabupaten Pati) Mayjen TNI Agung Risdhianto, serta masyarakat Kabupaten Pati yang tinggal di Jakarta.

Para pemain ketoprak berfoto bersama para pejabat dari Pati dan Provinsi Jawa Tengah yang hadir di TMII Jakarta

"Saya berharap anak- anak muda dan kaum milenial sekarang dapat melestarikan kebudayaan daerahnya terutama kebudayaan Kabupaten Pati, sehingga tidak hilang digerus oleh kemajuan zaman dan teknologi sekarang ini," tutur Safin memberikan sambutan sebelum pementasan dimulai.

Dalam kesempatan itu Safin juga berharap, masyarakat Kabupaten Pati yang ada di Jakarta jangan sampai melupakan daerah asalnya. "Mari kita bersama- sama membangun Kabupaten Pati ini dengan menunjukkan citra positif Kabupaten Pati kepada dunia luar," ajak Safin. (alb)