Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dikelola Pemkab Jepara, Candi Angin Ingin Dimaksimalkan


Instagram @phirinz

Situs Candi Angin yang berada di Desa Tempur, Kecamatan Keling resmi diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Jepara. Dengan begitu, pemkab siap memaksimalkan potensi wisata situs bersejarah itu.

Sebelumnya Candi Angin dikelola oleh Balai Penelitian dan Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah. Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengungkapkan, jauh sebelum ada penyerahan tanggung jawab tersebut pihaknya sudah berkeinginan untuk mengelola secara mandiri. Sebab pihaknya melihat, potensi Candi Angin sangat luar biasa.

“Terlebih candi tersebut berada di Desa Tempur yang dikenal memiliki pemandangan alam yang menawan. Jadi di Desa Tempur itu tidak hanya keindahan alamnya saja yang menarik perhatian, ada tangan-tangan luar biasa yang bisa kita lihat dari keberadaan Candi Angin di sana,” katanya. 

Dengan adanya pengalihan itu, Andi menyatakan, saat ini Pemkab Jepara bisa melakukan berbagai hal. Mulai perawatan hingga pengembangannya. ”Penataan infrastruktur di sana juga bisa kita lakukan, semata-mata lebih maksimal menggarap potensi wisata tersebut,” tuturnya.

Selama ini Pemkab Jepara memang lebih banyak melakukan penataan wisata laut. Hal ini tidak terlepas dari potensi utama Jepara sebagai wilayah pesisir. Meski begitu, Andi menyatakan, pengembangan wisata darat juga akan dilakukan. ”Kita ada skala prioritas, wisata darat tentunya juga akan kita kembangkan. Termasuk memaksimalkan potensi wisata alam sekaligus sejarah seperti di Desa Tempur, melalui adanya situs bersejarah Candi Angin,” paparnya. (fmh)