Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Icip-icip Nasi Bakar Kelapa Kopyor Dukuhseti







Segar minuman es kelapa kopyor sudah biasa. Kalau gurih nasi bakar kopyor anda pernah terbayang? Di pusat kelapa kopyor terbesar di Kabupaten Pati, kreasi baru dibuat untuk mengolah kelapa kopyor menjadi sajian yang berbeda.

Tepatnya di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti. Adalah Laila Hikmatus yang membuat masakan ini. Kelapa kopyor diolah menjadi menu berbuka puasa yang khas dan tak akan dijumpai di tempat lain. Siapapun yang mencicipi sudah pasti ketagihan ingin nambah lagi.

Melalui perpaduan bumbu masakan biasa, seperti cabai merah  bawang merah bawang putih lengkuas dan daun salam. Masakan ini diracik. Untuk menambah rasa gurih, ditambahkan ikan asin dan daging ayam yang disuwir kecil-kecil.

Pertama, bumbu-bumbu tersebut ditumis bersama dengan nasi putih. Setelah nasi tercampur rata kemudian dimasukkan nasi dalam tempurung kelapa. Namun sebelum nasi terisi penuh, masukkan bahan utamanya. Yaitu daging kelapa kopyor pada tengah menu masakan.

nasi bakar kelapa kopyor

Jika sudah terisi penuh selanjutnya tempurung kelapa kopyor dibakar dengan menggunakan kayu. Proses pembakaran seperti ini diyakini akan mampu memberikan rasa khas nasi semakin nikmat. Untuk proses pembakaran diatas tungku ini, membutuhkan waktu sekitar 20 menit sebelum disajikan kepada para penikmatnya.

Benar saja menu spesial kelapa koyor ini mampu menarik perhatian warga terutama untuk menu berbuka bersama. Mengingat lamanya proses memasak menu yang satu ini. Penjual menerapkan sistem pre-order untuk masyarakat yang ingin menikmati menu nasi bakar kelapa kopyor yang spesial ini.

Pada bulan Ramadan ini  penjual sampai kuwalahan melayani pemesanan. Tidak hanya warga di sekitar Dukuhseti yang memesan nasi bakar kelapa kopyor,  pemesan juga datang dari luar kota.

Seperti dari Semarang. Untuk satu porsi nasi bakar ini penjual mematok harga Rp 25 ribu. Harga itu dianggap cukup terjangkau, mengingat harga kelapa kopyor saat ini juga mengalami kenaikan terutama di bulan Ramadan. (fmh)

Post a Comment for "Icip-icip Nasi Bakar Kelapa Kopyor Dukuhseti"