Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kostum Garuda Jepara Raih The Best di Malang Culture Carnival





JEPARA - Bayu Supriyono, lelaki asal Jepara yang juga seniman kondang berhasil menjuarai kontes kostum etnik dalam gelaran Malang Culture Carnival akhir pekan lalu. Gelaran busana carnival tersebut merupakan even nasional yang memang menjadi sarana untuk memunculkan seniman-seniman kostum etnik.

Dalam gelaran tersebut, Bayu dengan Luna Art Carnival-nya mengikutsertakan lima busana carnival bertemakan nusantara. Kostum tersebut, kostum Dewa Ruci, Dewi Sri, garuda, naga emas dan Papua.

Bayu menjelaskan, ada tiga kategori yang dilombakan. Mulai dari festival kostum karakter, festival busana mantenan, serta festival fashion show. Dia sendiri ambil bagian di festival kostum karakter.

Salah satu kostumnya, kostum Garuda meraih penghargaan the best costum. Busana carnival itu, diperagakan oleh talent Sanggar Dua Sisi M Rifan Jawahirul mahasiswa dari Unnes Semarang. ”Secara umum semua kostum kami mendapatkan apresiasi dari para juri," urainya.

Bayu mengatakan, kostum garuda buatannya itu memiliki berat hingga 8 kilogram. Sebelumnya kostum tersebut sudah ada, namun khusus untuk lomba di Malang Culture Carnival dia merombak semuanya. Mulai dari warna secara keseluruhan hingga bagian sayapnya.

Disinggung mengenai keunikan busana itu, Bayu menjelaskan, cukup ringan dari bagian sayap dan mahkotanya. ”Setiap talent yang mengenakan sayap itu bilang terasa ringan. Padahal inti berat kostum itu di bagian sayap. Itu lah keunikan dari kostum garuda nusantara ini," tuturnya.

Sementara itu, mengenai perolehan penghargaan the best costum, Bayu mengaku bangga bisa mendapatkan yang terbaik dan membawa nama carnival Jepara di ajang nasional. ”Tak pernah bermimimpi mendapatkan penghargaan ini. Dengan modal nekad, tak ada dana sponsor dari manapun,” ungkapnya.

Bayu menambahkan, pihaknya bangga bisa memperkenalkan nama Jepara di Malang. Sebab, pada kenyataannya jarang sekali mereka tahu bahwa Jepara punya potensi carnival yang besar. ”Terima kasih untuk semua pihak yang sudah bergabung di Luna Art Carnival,” imbuhnya. (fmh)