Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sembilan Kali Bumi Kartini Raih Opini WTP





JEPARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jawa Tengah. Penghargaan ini diterima Plt Bupati Dian Kristiandi, Selasa (28/5/2019), di Kantor BPK RI Jateng. Penghargaan itu sekaligus menandai kali kesembilan Kota Ukir dianugerahi WTP.

Bersama Ketua DPRD Jepara Junarso, Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Kepala BPKAD Lukito Sudi Asmara dan para pejabat terkait, Andi menerima Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2018.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dipimpin langsung Kepala BPK Perwakilan Jateng Ayub Amali kepada 26 kabupaten/kota di Jawa Tengah, termasuk Jepara. Dijelaskan, LHP tersebut telah melalui proses yang panjang dari tahap pemeriksaan hingga tahap pemberian opini dan rekomendasi.

Plt Bupati Dian Kristiandi, Rabu (29/5/2019) menjelaskan, penghargaan WTP dari BPK RI yang diraih kali ini, merupakan yang kesembilan kali berturut-turut. Prestasi ini merupakan kerja keras seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Jepara. Kedepan peningkatan terus dilakukan dalam upaya melaporkan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Tentunya kita akan pertahankan apa yang telah dicapai seperti ini,” kata Dian. Sebelum memperoleh penghargaan ini, telah dilakukan proses penilaian laporan keuangan dari BPK, pada bulan Januari. Dilanjutnya pemeriksaan mendalam pada bulan Februari.

“Semua rangkaian berlangsung selama tiga bulan,” imbuhnya. Penilaian meliputi kesesuaian laporan keuangan dan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, hingga efektifitas pengendalian internal.

“Termasuk laporan keuangan, neraca aset dan lainnya,” jelas politisi PDI Perjuangan ini (fmh)