Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Anggota DPRD Perempuan di Jepara Naik



KPU Jepara
KPU Kabupaten Jepara telah menetapkan 50 kursi calon anggota DPRD Kabupaten Jepara periode 2019. Hasilnya, PPP menjadi parpol terbanyakyang memeroleh suara dengan total mengamankan 10 kursi di Taman Sari (Red, Gedung DPRD Jepara). Selain itu kabar baik bagi kaum perempuan.

Dari 50 anggota DPRD Jepara yang bakal duduk di kursi legislatif periode mendatang, tujuh diantaranya merupakan kaum perempuan. Meski hanya 14 persen, jumlah tersebut naik 100 persen dibanding Pemilu 2014 lalu.

”Memang masih didominasi laki-laki, ada 43 anggota. Sedangkan perempuan tujuh anggota. Hanya 14 persen saja. Namun jumlah itu tergolong meningkat. Tahun 2014 lalu, hanya ada tiga perempuan yang lolos menjadi wakil rakyat,” terang Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri Rabu (3/7/2019).

Sementara itu untuk perolehan suara terbanyak setelah partai bergambar kakbah, adalah PDI Perjuangan yang meraup tujuh kursi. Disusul PKB dengan enam kursi, Golkar empat kursi, PKS, Partai Persatuan Indonesia, PAN, dan Demokrat masing-masing memeroleh dua kursi. Sedangkan Berkarya, dan Hanura, masing-masing mendapat 1 kursi.

KPU Jepara mengucapkan syukur, karena pelaksanaan Pemilu hingga tahap penetapan ini, berjalan aman, lancar dan semua parpol dapat menerima hasil perolehan suara yang ditetapkan. (alb)