Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalan Berliku Menuju Air Terjun Desa Papasan

Pemandangan Air Terjun Gembong yang masih jarang dijamah pengunjung

Ada tiga air terjun di Desa Papasan Kecamatan Bangsri, Jepara. Salah satunya adalah Air Terjun Gembong 2. Deni Arfian, seorang videografer petualang akan berbagi cerita keseruannya mengunjungi tempat yang masih tersembunyi ini. 

Laki-laki yang hobi berpetualang itu bernama Deni Arfian. Warga Desa Suwawal Timur Kecamatan Pakis Aji, Jepara ini sudah banyak menyinggahi sejumlah air terjun di Bumi Kartini. 

Salah satu yang menarik menurutnya adalah Air Terjun Gembong 2 di Desa Papasan, Bangsri. Ada dua air terjun di tempat ini. Orang-orang menyebutnya Gembong dan Gembong 2.

Jalan panjang dan berliku harus dilalui Deni. Askes menuju air terjun menguji seberapa kuat mental petualang. 

Untuk mencapai lokasi air terjun itu pengunjung harus melewati beberapa aliran sungai. Pertama harus menanjak menaiki bukit terlebih dahulu, kurang lebih memakan waktu 30 menit

"Setalah itu bertemu jalan setapak yang landai, dari jalan setapak ini kita masih berjalan kurang lebih 10 menit sampai ketemu jalur menuruni tebing untuk menuju air terjunya, nah bagian menantangnya disini, sebab harus menuruni tebing dengan ketinggian 15 meter," terang pemilik channel youtube Deni Arfian ini kepada Lingkar Muria.

Tebing ini, lanjut Deni, sangat licin apalagi pas musim hujan. Membuat medan ini tambah  sulit, apalagi hanya berpegangan pada tanaman yang menjalar di sekitar. 

"Pengalaman saya sendiri pernah terperosot sampai bawah dari ketinggian dua meteran karena tanaman yang saya buat pegangan tidak kuat akarnya untuk menahan beban saya," kenang Deni. 

Setelah melewati jalur menantangnya itu, pengunjung baru akan menikmati keindahan suasana alam yang masih alami. Sebab lokasi air terjun ini belum banyak orang yang tahu. 

Air terjun ini memiliki dua kolam. Kolam pertama paling atas dengan kedalaman kurang lebih dua meteran. 

Deni mengaku suka sekali dengan kolam yang pertama ini, karena bisa lompat dari tebing samping air terjun yang menambah keseruan explore air terjun ini. 

"Tapi tetap harus hati-hati apalagi untuk orang seperti saya ini yang tidak terlalu pandai berenang. Dan Untuk kolam kedua juga lumayan dalam sih. Meskipun taking mencapai dua meteran," imbuhnya. 

Perlu diketahui, di Desa Papasan, Bangsri ini terdapat 3 air terjun yang aliran sungainya masih sama. Dengan urutannya paling bawah adalah Air Terjun Kedung Ombo, tempat ini yang paling populer, kemudian Air Terjun Gembong dan baru Air Terjun Gembong 2 ini yang diceritakan Deni. (hus)

Post a Comment for " Jalan Berliku Menuju Air Terjun Desa Papasan"