Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ansor Pati Kirim Mainan dan Jajanan untuk Anak-Anak Korban Banjir

Anak-anak korban banjir dapat jajan dan mainan 

PATI – Pimpinan Cabang GP Ansor Pati memberikan pemulihan trauma atau trauma healing bagi anak-anak korban banjir. Kegiatan tersebut digelar di Desa Kedungpancing Kecamatan Juwana Ahad (14/2/2021). Menggandeng Komunitas Pecinta Kucing (Kotaku) Pati mereka berkolaborasi memberikan kegiatan permainan dan mendongeng.

Tak hanya itu, mereka membagikan tak kurang dari 700 paket makanan ringan dan 200 paket mainan. Diperuntukkan kepada anak-anak agar tak mengalami stres atau suntuk sebab rumahnya terendam banjir selama dua pekan lebih.

Sekretaris LBH Ansor Luqmanul Hakim yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan hal itu dilakukan untuk membantu mengembalikan kondisi mental dan menghilangkan rasa bosan yang dialami anak-anak setelah dikurung banjir dan masa pandemi. “Kalau mereka larut dalam trauma dan tekanan mental itu mengganggu tumbuh kembang mereka,” jelasnya.

Ia mengatakan kegiatan seperti ini dibutuhkan anak-anak untuk menormalkan psikologi mereka agar tepa sehat dan bersemangat dalam situasi sulit yang dialami keluarganya. “Kami menghibur mereka dengan permainan menyanyi, tepuk tangan dan mendengarkan dongeng yang kami bawakan. Itu membuat mereka rileks,” imbuhnya.

Luqman menyatakan selama ini bantuan memang berdatangan, namun ta banyak yang menyasar anak-anak. Padahal seharusnya anak-anak juga mendapatkan perhatian secara psikis dan mental. “Kalau sudah asyik bermain beban akan terkurangi. Ia kan kembali pulih kejiwaannya dan lincah seperti sediakala,” tandasnya.

Dalam kesempatan lain Ketua Kotaku Pati menyatakan, mereka juga membawa bantuan berupa obat-obatan dan pembalut. Mengingat korban banjir juga membutuhkan perhatian kesehatan. “Kami sudah survey, ternyata bantuan logistik sudah banyak. Obat-obatan dan mainan anak yang nyaris tak ada,” sebutnya.

Bersamaan dengan pelaksanaan pemulihan trauma, anak-anak juga mendapatkan kesempatan melihat lihat kucing ras yang dibawa oleh komunitas. Belasan kucing ras Persia dan Anggora dipamerkan untuk mengurai perasaan tegang di tengah banjir yang belum surut. “Anak-anak biasanya menyukai hewan peliharaan. Kebetulan kami adalah komunitas pecinta kucing,” pungkasnya. (yan)

Post a Comment for " Ansor Pati Kirim Mainan dan Jajanan untuk Anak-Anak Korban Banjir"