Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wabup Safin : Cukup Silaturahmi Virtual



Wakil Bupati Pati Saiful Arifin meminta masyarakat agar tidak risau untuk melakukan silaturahmi pada saat lebaran nanti. Untuk menghindari penularan Covid-19, pria yang akrab disapa Safin ini meminta masyarakat untuk cukup bersilaturahmi secara virtual saja.

Hal ini mengingat perkembangan teknologi sudah sedemikian maju. Masyarakat juga telah dimudahkan dengan ragam fitur panggilan video di berbagai platform. Salah satunya seperti melalui Whatsapp.

“Karena pemerintah melarang mudik pada tanggal 6 – 17 Mei, kita semua harus patuh. Silaturahmi sebagai salah satu tradisi saat lebaran bisa diganti secara virtual saja,” terang Safin dalam sebuah rapat kordinasi.

Ini demi kebaikan bersama mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir dan dunia sedang dihadapkan pada ancaman mutasi virus. Serta tren penularan kasus kembali meningkat. Di sejumlah tempat kasus Covid sedang meningkat dengan beraneka klaster. Di Kabupaten Pati sendiri dalam kurun waktu satu bulan ini muncul dua klaster. Terbaru ada klaster jamaah salat tarawih di Perumahan RSS Sidokerto dengan penularan sebanyak 56 warga dikonfirmasi positif Covid19, usai dilakukan swab antigen secara massal pada Sabtu (8/5) lalu.

Tidak dapat dipungkiri, lanjut Wabup, bahwa saat ini masyarakat diharuskan menggunakan cara – cara yang sebelumnya belum pernah terpikirkan dalam menyambut tradisi lebaran, yaitu berinteraksi dengan sanak keluarga secara virtual.

“Saya memahami bahwa silaturrahim ini sangatlah penting. Boleh dilakukan, boleh mengundang orang namun secara virtual,” tegasnya.

Safin menegaskan, bahwa tidak semua interaksi harus dilakukan tatap muka atau bertemu secara fisik. Ia menilai bahwa cara virtual tersebut memang efektif dilakukan di tengah kondisi pandemi Covid – 19 seperti saat ini.

“Jadi sekali lagi, bukan semuanya tidak bisa dan bukan semuanya tidak boleh. Melainkan dapat dilakukan dengan cara yang berbeda. Ini untuk kebaikan kita semua,” pungkasnya. (yan)