Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Nama Kecamatan di Kabupaten Kudus

Seorang perempuan sedang berjalan di depan Menara Kudus/ @gusjigang 


Kudus merupakan sebuah wilayah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Kotanya kecil, tidak memiliki wilayah laut. Namun kota kecil ini terkenal maju. Luasnya 425,2 kilometer persegi. Berbatasan dengan Kabupaten Demak, Jepara, Pati, dan Grobogan.

Kota ini terbagi dalam sembilan kecamatan. Antara lain Kecamatan Jekulo, Mejobo, Dawe, Bae, Kota, Jati, Gebog, Undaan, dan Kaliwungu.  Masing-masing kecamatan ini memiliki kekhasannya sendiri-sendiri.  Berikut rangkuman profil singkat kecamatan-kecamatan di Kabupaten Kudus yang perlu pembaca ketahui.

1.       Kecamatan Jekulo

Kecamatan ini berada di ujung timur, berbatasan dengan Kabupaten Pati.  Di kecamatan ini ada 12 desa. Di kecamatan ini ada Waduk Logung, Bareng yang terkenal sebagai sentra pengrajin logam, situs purbakala Patiayam. Mapolres Kudus juga berada di kecamatan ini.

2.       Kecamatan Bae

Kecamatan ini berada di tengah. Di kecamatan ini ada dua kampus besar kebanggaan Kota Kudus yang menjadi jujukan banyak anak muda untuk melanjutkan pendidikannya. Yaitu Universitas Muria Kudus dan Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Di Kecamatan Bae ini juga ada sentra pembuatan genteng tanah liat yang sangat terkenal. Tepatnya di Desa Ngembalrejo. Selain itu di kecamatan ini dulunya berdiri pabrik rokok besar dengan merek dagang Djamboe Bol. Sisa-sisa kejayaan pabrik rokok ini bisa dilihat sepanjang jalan pantura sampai bangjo Ngembal.

3.       Kecamatan Kota

Kecamatan ini adalah pusatnya Kudus, sekaligus jantung pemerintahan kota kretek. Pasar Kliwon yang terkenal berada di kecamatan ini.  Di Kecamatan Kota ini sangat kental dengan warisan masa lalu. Seperti adanya bangunan Masjid dan Menara Kudus, dan juga rumah kembar milik Raja Kretek Nitisemito. Di Kecamatan Kota ini ada banyak lembaga pendidikan Islam yang sangat terkenal antara lain Madrasah TBS, Qudsiyah, Banat, dan lainnya.  

4.       Kecamatan Gebog

Kecamatan ini merupakan tempat kerjaaan bisnis Perusahaan Rokok (PR) Sukun bercokol. Pabrik-pabriknya termasuk anak perusahaanya ada di sini. Desa Rahtawu yang sangat terkenal dengan pusatnya wisata spiritual juga berada di Kecamatan Gebog ini.

5.       Kecamatan Undaan

Kecamatan Undaan berada di ujung selatan berbatasan dengan Kabupaten Grobogan. Kecamatan Undaan terkenal dengan pertaniannya. Wilayahnya berada di lereng Pegunungan Kendeng yang membentang sampai Lamongan Jawa Timur.

Di Kecamatan Undaan ini ada sebuah kampong kaligrafi yang diasuh kaligrafer kenamaan Muhamad Assiry. Selain itu penganut ajaran Samin juga ada di Kecaamatan Undaan ini.

6.       Kecamatan Mejobo

Kecamatan ini terkenal dengan beberapa sentra usaha. Antara lain sentra usaha bordir di Desa Golantepus, industri kerajinan anyaman di Desa Jepang, dan makanan ringan di Desa Tenggeles. Mayoritas mata pencaharian warga Kecamatan Mejobo sebagai petani.

Lentog Tanjung/ @oeoengunawan2

7.       Kecamatan Jati

Kecamatan ini cukup ramai. Banyak kantor-kantor, pusat perbelanjaan dan pabrik besar ada di wilayah Kecamatan Jati, seperti perusahaan Pura Group, Kudus City Walk, Superindo, Hypermart.

Selain itu terminal induk Kabupaten Kudus juga berada di Kecamatan Jati.  GOR Djarum yang menjadi final seleksi pembinaan bulutangkis nasional juga ada di kecamatan ini.

Di Kecamatan Jati berdiri ikon wisata Kabupaten Kudus, yaitu Museum Kretek di Desa Getaspejaten, dan Masjid Wali di Desa Loramwetan.

Di Kecamatan Jati ini juga ada kuliner khas yang sangat ikonik, yaitu Lentog Tanjung.

8.       Kecamatan Kaliwungu

Kecamatan Kaliwungu berbatasan dengan Kabupaten Jepara. Mayoritas penduduknya bekerja di bidang pertanian. Sebagian lagi menjadi buruh di perusahaan-perusaahaan rokok yang banyak bertebaran di Kota Kretek ini.

Yang paling terkenal dari Kecamatan Kaliwungu ini adalah kopi Jetak yang berasal dari Dukuh Jetak, Desa Kedungdowo.  Kopi Jetak merupakan kopi hitam tradisional yang telah eksis sejak 1990-an.

9.       Kecamatan Dawe

Kecamatan Dawe berada di wilayah Pegunungan Muria. Daerahnya terkenal memiliki hawa yang adem. Di Kecamatan Dawe ada Desa Colo yang sangat terkenal sebagai kawasan wisata religi Sunan Muria yang berada di puncak.  Yang ikonik dari wilayah Kecamatan Dawe ini tentu hasil alamnya. Seperti pisang tanduk atau pisang byar, kopi, dan parijoto.

Wilayah Kecamatan Dawe juga menjadi jujukan wisata keluarga bagi warga Kudus dan sekitarnya, selain wisata alam Muria ada wisata buatan seperti waterboom di Desa Kajar maupun taman hiburan seperti The Hill Vaganza. Tempat-tempat wisata ini satu jalur menuju wisata religi Sunan Muria. (yan)