Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Padang Savana Eksotis di Puncak Tunggangan Desa Tempur



Pemandangan Puncak Tunggangan Desa Tempur Keling Jepara/ @arik.sty


Puncak Tunggangan sedang mencuri perhatian pecinta alam. Puncak di Pegunungan Muria itu masuk wilayah Desa Tempur Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Medan terjal dengan pemandangan savana padang rumput menjadi daya tarik kawasan yang pernah mengalami kebakaran hebat tersebut.

Muhamad Arik BudiPrasetyo berjalan pelan dan hati-hati. Menyusuri jalanan setapak yang masih cukup rimbun dengan semak-semak. Maklum jalur tersebut masih jarang dijamah orang.

Perjalanan dari tempat parkir sampai dengan puncak bisa ditempuh dalam waktu dua jam. Lewatnya Dukuh Karangrejo. “Jalurnya ekstrem dan menantang. Tingkat kemiringan sampai 80 derajat dan tidak terdapat tali. Tapi setelah sampai puncak asyik sekali,” kata pemuda dari Desa Sinanggul Kecamatan Mlonggo, Jepara ini kepada Lingkar Muria.

Seorang pendaki terlihat sedang berjalan menuju Puncak Tunggangan

Dari atas Puncak Tunggangan, terlihat pemandangan pemukiman di dua desa. yaitu Desa Tempur dan Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, Kudus. Selain itu dari Puncak Tunggangan bisa terlihat beberapa puncak di Pegunungan Muria. Seperti Puncak 29, Puncak Natasangin, dan Puncak Candi Angin. Puncak Tunggangan sendiri memiliki ketinggian sekitar 1.360 meter di atas permukaan laut.

“Yang paling seru adalah view savananya, yang terlihat semakin bagus jika dilihat dari Bukit Ngebrak yang berada di sisi barat Puncak Tunggangan ini,” kata pria yang gemar menjelajah gunung ini. (has)