Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Jepara Targetkan Puskesmas Genjot Vaksinasi

 

Bupati Jepara Dian Kristiandi

Percepatan vaksinasi ke masyarakat harus dilakukan. Bupati Jepara meminta agar puskesmas menggenjot cakupan vaksinasi lebih luas lagi.

JEPARA - Bupati Jepara Dian Kristiandi terus berupaya menangani pandemi Covid-19. Pihaknya meminta puskesmas menggenjot cakupan vaksinasi Covid-19 ke masyarakat. Dengan sasaran vaksinasi yang lebih luas kepada masyarakat umum.

Hal ini disampaikan oleh Dian Kristiandi usai melakukan pertemuan dengan kepala puskesmas se-Kabupaten Jepara di Serambi Belakang Pendapa Kartini Jepara, Selasa (6/7/2021).

“Berdasarkan laporan dari kepala puskesmas tadi, animo masyarakat untuk divaksin sudah meningkat. Ini yang kita inginkan sebenarnya tumbuhnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya vaksinasi,” kata Dian Kristiandi.

Percepatan vaksinasi ini, kata Dian Kristiandi, ujung tombaknya berada di masing-masing puskesmas. Pihaknya akan mengusakan berbagai kendala untuk menunjang percepatan ini.

“Kita akan tersu koordinasi dengan propinsi terkait dengan droping vaksin. Termasuk kita akan tambah SDM untuk vaksinator lantaran tenaga kesehatan di puskesmas ada ayng terpapar Covid-19,” ujar Dian Kristaindi.

Dian kristiandi optimis dengan tingginya animo masyarakat, maka sekitar 30 ribu dosis vaksin akan selesai disuntikkan pekan depan. “Mudah-mudahan dalam waktu satu minggu ke depan, target kita dengan jumlah vaksin yang tersedia hari ini masih 3 ribu vial kita bisa selesaikan,” imbuh politikus PDIP Perjuangan itu.

Lebih lanjut orang nomor satu di kota ukir itu menekankan bahwa vaksinasi bukan sekedar mengejar target. Namun, perlu penguatan pemahaman terkait manfaatnya bagi kesehatan masyarakat secara luas. “Tadi kita sama-sama mendengarkan laporan dari teman-teman kapus, sudah semuanya sangat baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mudrikatun mengungkapkan jika pihaknya terus memastikan kesiapan dari berbagai aspek. Mulai dari ketersediaan vaksin hingag penambahan sumber daya manusia atau vaksinator di masing-masing puskesmas. “Kita terus koordinasi dengan propinsi terkait dengan pasokan vaksin. Kita terus meminat pengiriman vaksin agar percepatan vaksinasi bisa dilakukan,” jelasnya. (hus)