Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemenkes Rilis Lima Ramuan Tradisional untuk Jaga Kesehatan

 

Ilustrasi rempah-rempah

NASIONAL - Dimasa pandemi seperti saat ini mengkonsumsi minuman herbal tradisional sangat penting, karena dipercaya sebagian masyarakat dapat membantu meningkatkan imunutas tubuh dan mampu mencegah datangnya penyakit.

Kepercayaan masyarakat itu dipertegas oleh Kementerian Kesehatan, melalui surat edaran NOMOR : HK.02.02/IV.2243/2020, tentang pemanfaatan obat tradisional untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit dan perawatan kesehatan, yang ditandatangai Drektorat Jendral Pelayanan Kesehatan.

Namun, apakah minuman herbal tradisonal dapat menyembuhkan infeksi virus Covid-19. Jawabannya tentu tidak.

Karena mengkonsumsi minuman herbal tradisional hanya mampu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan agar tidak mudah terpapar penyebaran virus Covid-19, jadi bukan untuk menyembuhkan orang yang sudah terpapar oleh virus Covid-19.

Kementerian Kesehatan mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan bahan-bahan rempah tradisional untuk membuat ramuan herbal guna menjaga daya tahan tubuh, menggunakan bahan  yang sering kita  jumpai disekitar kita seperti, jahe, kunyit, lengkuas, kencur, kayu manis dan masih banyak yang lain.

Adapun contoh pemanfaatan rempah tradisional untuk membuat minuman herbal guna meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain jahe 2 ruas jari cuci bersih kemudian di geprek, lalu rebus air hingga mengeluarkan banyak uap, kecilkan api lalu masukan kayu manis 3 jari, gula merah secukupnya dan juga tambahkan perasan jeruk nipis secukupnya, tunggu hingga air setengahnya dan matikan, saring dalam keadaan dingin, ramun herbal tradisonal siap di konsumsi.

Cara mengkonsumsi minuman herbal ini  yaitu dengan meminum 1 setengah cangkir sekali sehari, minuman herbal tradisional ini bermanfaat untuk memulihkan kesehatan, pencegahan penyakit dan juga dapat merawat kesehatan tubuh kita.

Selain mengkonsumsi minuman herbal ini, dalam rangka pencegahan virus corona, kita juga harus mengimbanginya dengan menjaga kebersihan dan rajin cuci tangan, rajin berolahraga, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, cukup istirahat dan juga patuh melakukan pembatasan jarak. (nir)