Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Kampanyekan Minuman Herbal ke Emak-Emak

 

Ali menyambangi emak-emak untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan minuman herbal di masa pandemi. Kegiatan ini merupakan program KKN UIN Walisongo dari rumah.


Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari rumah, mahasiswa UIN Walisongo Semarang melakukan sosialisasi pemanfaatan empon-empon sebagai minuman herbal untuk menjaga daya tahan tubuh pada masa pandemi Covid-19 ini. Hal itu seperti yang dilakukan Mukhammad Ali Ihsan, mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dari kelompok 32.

JEPARA - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) tahun 2021 digelar dari rumah di Desa Jlegong Kecamatan Keling.

Mahasiswa KKN mensosialisasikan tentang manfaat dan pembuatan minuman wedang herbal empon-empon kepada warga sekitar dalam rangka meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh.

Selama melaksanakan aktivitas KKN di desa, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, serta menghindari kegiatan yang mengundang kerumuman orang banyak.

Dalam kegiatan penyuluhan seperti ini, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang berharap masyarakat bisa memanfaatkan kekayaan rempah nusantara yang ada di lingkunhan sekitar dengan membuat racikan wedang  herbal empon-empon, karena banyak khasiat yang terkandung di dalamnya dan cocok dikonsumsi di masa pandemi seperti ini, atau juga bisa untuk diproduksi dan dipasarkan guna meningkatkan perekonomian warga.


"Meskipun wedang herbal ini belum terbukti secara klinis, namun dengan rutin mengkonsumsi minuman herbal ini dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tidak mudah terinfeksi virus penyebab penyakit seperti virus corona," ujar Ali Ihsan salah satu Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo kepada Lingkar Muria.

Selain bahan yang mudah didapat, cara pembuatan wedang herbal empon empon juga sangat sederhana.

Pertama bersihkan semua bahan, kemudian siapkan  jahe merah sebanyak 2 ruas lalu digeprek, jeruk nipis 1 buah,  kayu manis 3 jari, gula merah secukupnya. Selanjutnya panaskan air ke dalam panci hingga membentuk gelembung uap, masukkan semua bahan ke dalam panci yang sudah mendidih kurang lebih 10 - 15 menit setelah mendidih matikan api, lalu diamkan sejenak hingga semua bahan meresap, lalu tuang wedang  empon-empon ke dalam gelas.

Gunakan saringan untuk memisahkan wedang dari ampas rimpangnya, kemudian wedang empon empon sudah siap untuk disajikan.

Untuk mengonsumsiannya cukup sekali dalam sehari sebanyak 1 setengah gelas cangkir, formulasi empon-empon juga memiliki banyak khasiat, diantaranya untuk memulihkan kesehatan, pencegahan penyakit dan juga dapat merawat kesehatan tubuh.

Selain mengkonsumsi wedang herbal ini, dalam rangka menambah imunitas dan daya tahan tubuh, lanjut Ali, juga harus diimbangi dengan rutin berolahraga, cukup istirahat, menghindari rokok dan alkohol, serta mengkosumsi makanan bergizi seimbang.

Sementara itu Yuni, salah seorang warga yang berpartisipasi dalam kegiatan ini mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting, karena dapat menambah wawasan bagi ibu rumah tangga sepertinya untuk mengolah bahan empon-empon dengan baik dan benar, sehingga tidak menghilangkan manfaat yang terkandung di dalamnya. (nir)