Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kridaning Panembah Gebyaring Bumi Bagi Kabupaten Pati

Suryasengkala Kridaning Panembah Gebyaring Bumi yang ada di Alun-Alun Simpang Lima Pati @patiem_

    PATI - Hari jadi Kabupaten Pati ditandai dengan suryasengkala Kridaning Panembah Gembyaring Bumi.

Suryasengkala ini diabadikan dalam sebuah monumen di Alun-alun Simpang Lima Pati di sisi selatan. Kridaning Panembah Gebyaring mempunyai arti yang sangat bermakna bagi masyarakat kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani ini.

Bupati Pati Haryanto mengungkapkan arti dari Kridaning Panembah Gebyaring adalah dengan bekerja keras dan penuh doa kita gali Bumi Pati untuk meningkatkan kesejahteraan lahiriah dan batiniah.

"Intinya bekerja keras untuk meraih kesejahteraan, meraih kemuliaan," kata bupati dua periode ini.

Suryasengkala yang juga semboyan bagi Kabupaten Pati ini terus relevan sepanjang zaman. Semangat untuk meraih kesejahteraan selalu ditunjukkan masyarakat Kabupaten Pati.

Forkopimda saat foto bersama di pendapa Kabupaten Pati

Kita tahu masyarakat Pati terkenal sangat ulet dalam bekerja. Ramainya Tempat Pelelangan Ikan di Juwana dengan kapal-kapal besar berukuran puluhan hingga ratusan grose tone (GT), menjadi gambaran keuletan kerja keras masyarakat Pati dalam mencapai taraf kesejahteraan serta kemuliaan.

Wilayah pesisir juga menampilkan kemakmuran masyarakat Pati atas hasil jerih payah dalam membudidayakan ikan bandeng, udang maupun ikan nila. Serta produksi garam yang melimpah di sepanjang pesisir Kecamatan Wedarijaksa, Juwana, hingga Batangan.

Masyarakat petani di Kabupaten Pati juga sangat ulet. Pati selama ini telah menjadi salah satu andalan untuk menyumbang kebutuhan pangan nasional seperti padi dan jagung.

Pertanian lain juga tidak kalah ulet, petani kopi, kelapa kopyor, dan jeruk pamelo. (hus)