Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intip Fasilitas Rusunawa Pulodarat Jepara Mirip Apartemen

Bagian depan rusunawa Pulodarat yang mirip apartemen

Di Rusunawa Pulodarat, hunian murah dengan fasilitas bagus nyata adanya. Pemerintah menyediakan fasilitas itu bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Rusunawa ini sudah mirip apartemen.

JEPARA - Pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) di Desa Pulodarat, Kecamatan Pecangaan, Jepara, telah rampung. Awal bulan depan flat yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini siap ditempati penghuni.

 “Insyallah mulai awal bulan depan, semuanya kalau sudah disiapkan. Tadi kita cek, kesiapan infrastruktur dan fasilitas yang ada di dalam sudah cukup lengkap, tinggal kita menunggu, kita buka bulan depan,” ujar Bupati Jepara Dian Kristiandi

Untuk diketahui, bangunan Rusunawa itu tampak modern menyerupai apartemen. Terdiri dari 3 lantai, berisi 44 ruang dengan tipe 36. Di lantai 1 ada 12 unit ruang, 2 di antaranya disediakan khusus bagi disabilitas. Lalu di lantai 2 ada 16 unit ruang, dan lantai 3 ada 16 ruang. Masing-masing isinya dua kamar, ruang tamu, dapur, ruang makan, toilet, dan ruang cuci.

Di samping itu, terdapat fasilitas lengkap di dalam setiap ruang. Ada berbagai perabot, seperti tempat tidur utama dan susun beserta kasur, dua buah lemari, kursi makan, sofa serta meja tamu.

Terkait tarif sewa, Dian Kristiandi memperkirakan antara Rp590 ribu sampai Rp600 ribu per bulan. Biaya itu di luar tanggungan listrik dan air. “Sewanya ini di bawah standar sekali, kira-kira sepertiga penghasilan mereka perbulan,” kata dia.

Di sisi lain, meski penghuni dibebani biaya sewa, bupati berharap nantinya mereka dapat tetap memiliki kepedulian. Menjaga, merawat fasilitas yang ditempati.

Fasilitas yang diberikan oleh Rusunawa MBR ini memang tak main-main. Ditambah dengan harga yang terjangkau, dan lokasinya dekat dengan kawasan industri. Untuk menjadi penghuni di rusunawa ini, masyarakat bisa langsung datang ke Kantor Disperkim Jepara Jalan Ki Mangunsarkoro, Panggang V, Kecamatan Jepara. (nir)