Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PSSI Pati Persiapkan Wasit Jelang Putar Liga Top Skor

Ketua Askab PSSI Pati Jumani memimpin rapat kordinasi

 
Askab PSSI Pati sangat serius untuk memutar kompetisi usia muda yang menggandeng Liga Top Skor. Perangkat pertandingan disiapkan jauh hari untuk menyukseskan penyelenggaraan kompetisi.

PATI – Askab PSSI Pati menggelar rapat koordinasi bersama wasit dan pengawas pertandingan. Rapat dipimpin ketua Askab PSSI Pati Jumani. Hadir pula Wakil ketua Hayyin Nu'man dan Endy Sumardiyono, juga skretaris Ahmada Mangkunegara dan para pengurus lainnya.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah sosialisasi, tukar pikiran serta membenahi Komisi Wasit.

"Wasit ini kan menentukan baik buruknya selama berjalannya pertandingan. Di liga 1 pun, kinerja wasit menjadi sorotan. Sehingga penting bagi Askab PSSI Pati untuk memperhatikan hal ini. Minimal perwasitan harus sesuai dengan prosedur organisasi dan penugasannya harus sepengetahuan Ketua Umum Askab PSSI setempat," kata Hayyin Nu'man membuka rakor pada Rabu (15/9/2021) di aula BKPP Pati.

Dalam rakor ini juga membahas rencana persiapan pertandingan kejuaraan sepakbola liga top score yang direncanakan Oktober mendatang.

Hayyin Nu`man menambahkan, selama ini memang dalam penugasan wasit ada yang belum sesuai dengan ketentuan organisasi.

Rakor Askab PSSI Pati jelang kompetisi liga usia muda

"Untuk itu perlu pembenahan untuk dituangkan dalam statuta terkait dengan aturan-aturan yang harus diikuti dan ditaati anggota. Yaitu setiap wasit bertugas harus sepengetahuan dan seijin Askab, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Karena sebelumnya banyak terjadi, kita dari pengurus tidak tahu, tiba-tiba kita ditegur dari Asprov PSSI,” jelasnya.

Ditegaskannya pula bahwa ASKAB PSSI Pati hanya mewadahi wasit-wasit yang sudah berlisensi saja. Di luar itu bukan menjadi ranah Askab PSSI. Dan para wasit berlisensi memiliki hak untuk memimpin pertandingan yang diselenggarakan Askab maupun PS-PS selama ada permintaan dari penyelenggara.

“Untuk mereka yang belum berlisensi kita berusaha merangkul, yang mana pada akhir tahun kita akan mengadakan atau pelatihan lisensi untuk wasit,” kata Hayyin.

Sebagai informasi, untuk kompetisi sepakbola di Pati, seperti Liga Askab direncanakan digelar pada 28 Oktober 2021, kemudian ada pula liga Top Skor yang sedang diajukan proses perijinannya.

"Sekali lagi, ini masa pandemi, jadi kami hanya mengupayakan dan mempersiapkan namun tetap harus menunggu ijin dari Satgas Penanganan Covid-19," pungkasnya. (hus)