Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kental Nuansa Kearifan Lokal, Begini Filosofi Jersey Persipa Musim 2021

 

Bupati Haryanto mendapatkan Jersey home Persipa Pati dengan warna merah maroon/ Foto : PROKOMPIM PATI

Jersey Persipa Pati musim 2021 terlihat elegan. Nuansa kearifan lokal sangat kental. Mulai dari motif liris batik Bakaran, hingga pemilihan warna hitam yang konon adalah warna kesukaan Syeh Jangkung alias Saridin yang menjadi julukan tim.

PATI - Jersey Persipa nampak sakral dan keramat. Jersey ini adalah baju perang di kompetisi Liga 3. Desain jersey tim berjuluk Laskar Saridin ini tak main-main. Selain elegan juga penuh dengan nilai filosofi.

Ada tiga jenis jersey yang telah dikenalkan ke publik. Yang pertama adalah jersey home atau kandang. Jersey ini berwarna Merah Maroon, karena PERSIPA Pati identitik dengan warna merah dan pemilihan maroon karena memiliki arti ‘Penuh Energi dan Semangat’ dengan harapan PERSIPA Pati tahun 2021 ini bisa berjuang dengan penuh energi dan semangat. Perpaduan warna hitam dan emas, hitam melambangkan keberanian dan emas melambangkan kejayaan dengan harapan PERSIPA Pati tahun ini bisa berani dan meraih kejayaan.

Sementara itu motif Liris Batik Bakaran di lengan jersey PERSIPA Pati, untuk mengangkat salah satu potensi dari Kabupaten Pati yaitu Batik Bakaran.  Motif Liris sendiri memiliki artian halangan dan rintangan bukan menjadi kendala, tetapi justru sebaliknya bisa menjadikan pemicu untuk mencapai hasil yang jauh lebih baik.

Untuk Jersey Away, Berwarna Hitam, karena hitam melambangkan keberanian dengan harapan PERSIPA Pati tahun ini berani menghadapi rintangan apapun. Selain itu konon warna hitam adalah warna kesukaan dari ‘Saridin’ tokoh asal Pati yang juga menjadi julukan tim PERSIPA Pati, yaitu Laskar Saridin. Kombinasi warna Putih, selain memiliki makna kemurnian, Putih juga menampilkan nuansa elegant dan modern serta dengan harapan bahwa jersey PERSIPA Pati bukan sekedar tentang sepakbola namun juga bisa dipakai dimanapun dan kapanpun.

Motif Liris Batik Bakaran di lengan jersey PERSIPA Pati, untuk mengangkat salah satu potensi dari Kabupaten Pati yaitu Batik Bakaran. Motif Liris sendiri memiliki artian halangan dan rintangan bukan menjadi kendala, tetapi justru sebaliknya bisa menjadikan pemicu untuk mencapai hasil yang jauh lebih baik.

Untuk Jersey Third atau Jersey ketiga berwarna Putih, Putih memiliki makna kemurnian dengan harapan PERSIPA Pati adalah identitas Kabupaten Pati dan kebanggaan seluruh masyrakat Kabupaten Pati. Perpaduan warna merah dan biru, merah melambangkan keberanian serta adalah warna identic dari PERSIPA Pati sedangkan biru melambangkan potensi hasil laut Kabupaten Pati.

Untuk Motif Liris Batik Bakaran di bagian dada jersey PERSIPA Pati, untuk mengangkat salah satu potensi dari Kabupaten Pati yaitu Batik Bakaran. Motif Liris sendiri memiliki artian halangan dan rintangan bukan menjadi kendala, tetapi justru sebaliknya bisa menjadikan pemicu untuk mencapai hasil yang jauh lebih baik.

Ditambah Motif Stadion Joyokusumo di bagian bawah jersey PERSIPA Pati melambangkan bahwa Stadion Joyokusmo adalah kendang dari PERSIPA PATI dan siluet supporter adalah untuk bentuk appresiasi kepada dedikasi supporter PERSIPA Pati dan Gerakan #DIURUSCAHCAH.

Sedangkan Jersey Warming-Up, Berwarna Putih, Putih memiliki makna kemurnian dengan harapan PERSIPA Pati adalah identitas Kabupaten Pati dan kebanggaan seluruh masyrakat Kabupaten Pati. Kombinasi warna emas, emas memiliki arti kejayaan dengan harapan PERSIPA Pati tahun ini bisa meraih kejayaan.

Terdapat juga Motif Liris Batik Bakaran di lengan jersey PERSIPA Pati, untuk mengangkat salah satu potensi dari Kabupaten Pati yaitu Batik Bakaran. Motif Liris sendiri memiliki artian Halangan dan rintangan bukan menjadi kendala, tetapi justru sebaliknya bisa menjadikan pemicu untuk mencapai hasil yang jauh lebih baik.

Pemasangan Logo Sponsor, bentuk terima kasih kepada sponsor yang telah ikut andil dalam mendukung PERSIPA Pati tahun ini. (hus)