Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketua Askab PSSI Jumani Jadi Sekda Pati

 

Jumani Sekda Pati yang baru

PATI – Kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati akhirnya terisi. Jumani terpilih menjadi Sekda Pati menggantikan Suharyono yang telah pensiun per Oktober tahun 2021 ini. Jumani dilantik Bupati Haryanto di pendapa, Jumat (1/10/2021).

Pria yang sebelumnya menjabat Inspektur Daerah Kabupaten Pati ini dilantik bersama sejumlah pejabat lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pati. Jumani selain mengembang tugas utama di pemerintahan Kabupaten Pati juga mengemban amanah penting memajukan sepakbola Kota Mina Tani. Saat ini dia juga menjadi Ketua Askab PSSI Pati.

Untuk diketahui proses pemilihan Sekda Pati sempat diwarnai isu-isu tak sedap. Namun Bupati Haryanto menegaskan pemilihan sekda dilakukan secara transparan dan professional.

Usai melantik, Bupati meminta publik untuk memercayai mekanisme seleksi yang dilakukan Pansel.  Sebab, tahapan seleksi berlangsung ketat dan cukup lama. Ada tahapan uji kompetensi, uji gagasan, wawancara, penelusuran rekam jejak, dan seterusnya.

Dari tujuh orang yang mendaftar seleksi Sekda, tiga orang ditetapkan Pansel sebagai peraih nilai tertinggi, termasuk Jumani. Data ketiganya kemudian disampaikan pada Gubernur Jawa Tengah dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapat rekomendasi. Terakhir, rekomendasi Gubernur Jateng dan KASN diserahkan pada bupati untuk dipilih yang terbaik.

“Menurut saya yang terpilih sudah memenuhi kapabilitas. Saya putuskan Saudara Jumani menjabat Sekda. Saya yakni mampu mengoordinasikan seluruh OPD, membantu kebijakan saya dalam kurun waktu saya menjabat,” tegas dia. (yan)