Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemdes Bakaran Wetan Meriahkan Hari Batik dengan Pemeran Virtual

Pameran batik tulis Bakaran secara virtual disiarkan langsung via YouTube.


PATI - Di aula balai desa Bakaran Wetan itu sejumlah muda-mudi tampak anggun, mengenakan setelan batik tulis Bakaran. Mereka mengenakan batik motif klasik berwarna coklat gelap. 

Muda-mudi itu sedang show virtual yang disiarkan secara langsung melalui YouTube, Minggu (3/10/2021).


Tahun ini Pemerintah Desa Bakaran Wetan, Kecamatan Juwana, kembali menggelar Festival Batik Bakaran. Festival tahun ini adalah kegiatan kedua kalinya.


Kepala Desa Bakaran Wetan, Wahyu Supriyo menjelaskan mulai 2020, pada saat pertama menjabat sebagai kepala desa festival batik telah digelar. 

"Semoga ke depan terus istiqomah dilaksanakan,” terang Wahyu.


Untuk diketahui festival ini meliputi berbagai agenda kegiatan, yakni lomba membatik, lomba fotografi, lomba desainer batik, pameran batik virtual, lomba selfie, fashion show anak, fashion show umum, pemilihan Mas dan Mbak Duta Batik Bakaran, serta webinar.


“Tema pameran ini klasik. Yang kami pamerkan adalah batik hasil karya peserta lomba membatik dan lomba desainer yang sudah kami mulai sejak 20 September,” jelasnya.


Dia mengatakan, rangkaian Festival Batik Bakaran 2021 akan berakhir pada 22 Oktober 2021. Penutupan festival ditandai dengan kegiatan webinar yang mengusung tema “Aktualisasi Nilai Ajaran Nabi guna Meningkatkan Semangat Santri untuk Ikut Melestarikan Batik Tulis Bakaran”.


Wahyu mengatakan, gelaran Festival Batik Bakaran merupakan bagian dari grand design Desa Wisata Bakaran Wetan yang ia rancang bersama para pemuda desa.


“Festival batik ini jadi salah satu unggulan dalam grand design desa wisata yang kami rancang. Selain itu kegaitan ini juga untuk memperingati hari batik nasional dan melestarikan budaya leluhur,” pungkasnya. (hus)