Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Berat Sekda Pati yang Baru Jelang 2024

Jumani (memegang mic) menjadi Sekda Kabupaten Pati

Jumani resmi menjadi Sekda Pati yang baru. Bupati mewanti-wanti Jumani agar serius bekerja. Mengingat tugas berat menanti, terutama di tahun politik 2024. Peran Sekda sangat sentral dalam hal penganggaran. Apalagi Sekda merupa Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

PATI - Bupati Haryanto menegaskan tugas berat menanti Sekda Pati yang baru ini. Sebab bersiap menghadapi tahun politik 2024. Tugasnya antara lain adalah mempersiapkan anggaran untuk Pilkada.

“Kemudian saat ini kondisi pembahasan APBD 2022. Selain itu harus bisa menjembatani OPD yang ada. Persoalan tidak semua bisa diselesaikan di tingkat OPD, pasti ada persoalan yang larinya sampai ke saya (Bupati) dan Sekda,” jelas Bupati memberikan wejangan kepada Jumani usai dilantik menjadi Sekda Kota Mina Tani.

Wakil Ketua Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) Tasdik Kinanto menambahkan, seleksi Sekda Pati ini, pihaknya bertugas menjaga quality assurance. Pati dari awal sudah berkoordinasi dengan institusinya dan sudah memenuhi syarat dari segi peraturan yang ditetapkan dalam proses seleksi.

“Kami juga sudah mengeluarkan rekomendasi persetujuan pelaksanaan seleksi. Hasilnya sudah kita saksikan. Yang terpilih adalah Saudara Jumani,” kata dia.

Tasdik menuturkan, melantik Sekda adalah hak prerogatif bupati. Pihaknya hanya mengawal dari sisi proses. “Ibarat orang salat, wudunya benar atau tidak. Kalau salah ya salat tidak sah. Kami mengawal wudu sah, salatnya benar, in syaa Allah sah,” pungkasnya. (yan)