Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Situs Patiayam Bukti Kuat Masa Pra Sejarah di Kudus

Patung gajah purba di depan museum purbakala Patiayam/ @ericandoko

Bupati Kudus Hartopo menilai penting membuat roadmap yang jelas, langkah-langkah yang diambil dalam menyikapi situs patiayam. Hal ini mengingat temuan berbagai fosil yang sangat banyak.

KUDUS - Museum Purbakala Patiayam memiliki situs purba yang terletak di Pegunungan Patiayam, Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus. Secara morfologi, situs Patiayam merupakan sebuah kubah (dome) dengan ketinggian puncak tertingginya (Bukit Patiayam) 350 mdpl.

Di Patiayam ini ditemukan berbagai fosil purba dari zaman Plestosen yang mengandung fosil vertebrata dan manusia purba yang terendap di sungai dan rawa-rawa sekitar gunung Patiayam. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus bekerjasama dengan Tim BPSMP Sangiran, Sragen,  melaksanakan Seminar Hasil Kajian Koleksi Museum Situs Purbakala Patiayam, di Hotel @Hom pada Rabu (3/11/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Kudus H.M. Hartopo, Kepala Disbudpar Kudus, Kurator Koleksi Museum Sangiran, Teknisi Laboratorium Sangiran, serta tamu undangan lainya.

Replika tulang gajah purba yang menjadi koleksi andalan museum purbakala Patiayam/ @wisatapatiayam

Menurut Hartopo, Museum Patiayam dengan situs arkeologinya merupakan bukti yang jelas bahwa Kabupaten Kudus mempunyai catatan pra sejarah dimasa lalu yang begitu kuat. Pihaknya mengatakan pasti timbul berbagai pertanyaan tentang fenomena ini mau dibawa kearah mana. Sedangkan bukti artefak sudah tidak bisa terbantahkan baik kualitas maupun kuantitasnya.

"Maka dari itu, acara semacam ini sangat penting diadakan untuk membuat roadmap yang jelas, langkah-langkah yang diambil dalam menyikapi patiayam," terang Bupati Hartopo dalam rilis di @pemkabkudus.

Selain itu, Bupati Hartopo berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat mendorong masyarakat utamanya anak didik disekolah untuk lebih mengetahui dan mencintai sejarah. (hus)