Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kala Wartawan Mengenakan Mahkota Profesi

 

Uji Kompetensi Wartawan teramat penting. Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud menyebutnya sebagai pengenaan mahkota profesi” bagi awak media.

Di Rembang pada Kamis (11/11/2021) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng Amir Machmud NS mengakui jika kegiatan UKW ini seperti program sunyi, hanya dirasakan kepentingannya oleh anggota-anggota sendiri. Mungkin banyak yang tanya, mengapa PWI tidak menggelar kegiatan massal yang bergaung ke masyarakat luas?

"Saya jawab, UKW justru akan menggema selamanya, di hati dan rasa. Wartawan yang kompeten akan memberikan kontribusi pada kehidupan berbangsa-bernegara,” kata Amir.

Amir menegaskan, profesionalitas wartawan tidak mungkin hanya dipahami melalui satu keping kompetensi teknis, melainkan juga keping lain, yaitu kompetensi etis. Kedua hal ini diujikan dalam UKW. Maka, dalam konteks inilah UKW dipahami sebagai “pengenaan mahkota profesi” bagi awak media.

“Kita lihat betapa penting UKW dalam pemahkotaan wartawan yang betul-betul diakui sebagai wartawan profesional. Tidak ada wartawan profesional tanpa mahkota teknis dan etis,” tegas dia. (hus)