Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Purbakala di Desa Wisata Terban Kudus

 

Beberapa pengunjung naik mobil jip di depan museum purbakala Patiayam, Desa Terban, Jekulo, Kudus/ @patiayamadventure



KUDUS - Desa Wisata Terban berada di Kecamatan Jekulo, berjarak 14 kilometer dari pusat Kabupaten Kudus. Desa ini berada di kawasan Pegunungan Patiayam, yang memiliki pesona wisata utama benda-benda zaman purbakala.

Untuk sampai ke Desa Wisata Terban cukup mudah. Dari alun-alun Kota Kudus hanya perlu menempuh waktu selama 28 menit berkendara. Ke arah timur menyusuri jalan panturasekitar 100-an meter dari Mapolres Kudus. Desa Wisata Terban berada di sebelah kiri. Nanti ada gapura berbentuk seperti gading gajah purba di kiri dan kanan, langsung saja masuk mengikuti jalan tersebut.

Desa Wisata Terban, menawarkan berbagai atraksi wisata. Di wisata alam, wisatawan dapat mengunjungi Air Terjun Genjrengan dan Sendang Pengilon.

Lalu di wisata sejarah, terdapat Museum Patiayam dan juga Goa Jepang, disana wisatawan akan merasa seperti dibawa ke masa lalu. Museum Patiayam ini menyimpan ratusan fosil hewan purba yang ditemukan di sekitaran wilayah Pegunungan Patiayam. Selain hewan darat seperti gajah dan banteng, juga ditemukan fosil hewan laut seperti kerang.

@wisatapatiayam


Selanjutnya, terdapat wisata petualangan, yaitu menaiki jeep dan melewati jalur-jalur ekstrim yang memacu adrenalin.

Tenang saja, bagi wisatawan yang ingin bersantai wisatawan dapat memilih wisata buatan Omah Jadul, disini wisatawan dapat merasakan suasana seperti sedang di masa lalu. Santapan khas Desa Wisata Terban ialah Sop Fosil Patiayam, Nasi Lodeh Godong Jati, lalu ada minuman tradisional yaitu Wedang Fosil dan juga minuman unik yaitu Kopi Pace.

Berwisata di Desa Wisata Terban dijamin akan menjadi pengalaman baru liburan yang berbeda. Dan akan memberikan kesan tersendiri. Sekaligus memberikan edukasi sejarah yang melimpah. (yan)