Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil Desa Wisata Margorejo Kudus

 

Ilustrasi penangkaran rusa timor di Desa Margorejo, Dawe, Kudus

Ini adalah desa wisata yang cukup komplit di Kota Kudus. Ada wisata edukasi, wisata alam hingga wisata buah durian dan rambutan.

KUDUS – Desa Wisata Margorejo terletak di Kecamatan Dawe. Berada di dataran tinggi di kaki Gunung Muria. Terletak di ketinggian 600 MDPL.

Perjalanan dari pusat kota Kudus menuju Desa Wisata Margorejo memakan waktu kurang lebih 50 menitan. Jaraknya sekitar 12 kilometer. Desa ini memiliki hawa yang adem karena masih rimbun dengan pepohonan.

Desa Wisata Margorejo memiliki spot-spot andalan berupa alam yang indah dengan hasil buah-buahan yang sangat terkenal.

Antara lain hasil alam di Desa Wisata Margorejo adalah durian, rambutan, mangga, tebu, dan ketela. Terutama durian dan rambutan yang sangat terkenal dari Dukuh Pelang Desa Margorejo, buahnya unggul dan selalu menjadi buruan masyarakat pecinta buah.

Selain hasil alam itu, Desa Wisata Margorejo memiliki daya tarik wisata lain seperti kolam Redi Ayu, wisata edukasi penangkaran rusa timor, pabrik gula tumbu yang sangat tradisional, dan sejumlah produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) antara lain adalah UMKM welit, dan kecap.

Di Desa Wisata Margorejo ini juga ada wisata sejarah Sendang Winong, wisata belanja pasar buah, kedai redi ayu, dan juga acara tahunan Festival Ngunduh Duren (Durian) dan Ace (Rambutan). (hus)