Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Museum Kretek dan Patiayam Rekomendasi Wisata Edukasi di Kudus

 

Bangunan museum kretek tampak dari depan

KUDUS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus merilis dua tempat wisata edukasi rekomended. Dua tempat wisata itu adalah museum yang saat ini dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus, yaitu Museum Kretek dan Museum Situs Purbakala Patiayam.

 

1. Museum Kretek

Secara Administratif Museum Kretek terletak di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Museum ini dibangun oleh Persatuan Pengusaha Rokok Kudus (PPRK), dan diresmikan pada tanggal 3 Oktober 1986 oleh Soepardjo Rustam. Museum Kretek menyajikan koleksi tentang peradaban kretek dari masa awal penemuan kretek, hingga kemudian di populerkan oleh Nitisemito dan terus berkembang hingga saat ini.

 

Koleksi kemasan rokok pada masa lalu/@liv_anggun

2. Museum Situs Purbakala Patiayam

Museum Situs Purbakala Patiayam merupakan museum yang terletak di Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Museum Situs Purbakala Patiayam merupakan museum milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kudus yang pengelolaanya oleh UPTD Museum dan Taman Budaya Kabupaten Kudus. Museum Situs Purbakala Patiayam berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan menyajikan koleksi hasil temuan dari Kawasan Situs Patiayam.

Selain kedua museum tersebut, di Kudus juga ada satu museum lagi yang dibuat pihak swasta. Yaitu museum jenang yang digagas oleh perusahaan jenang terkemuka Mubarok Food di Jl. Sunan Muria No.33, Glantengan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59313. Di museum ini ditampilkan diorama pembuatan jenang yang telah melegenda di kota ini.