Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Polres Pati Sikat Motor Berknalpot Brong

 

Petugas melakukan razia motor berknalpot racing brong di sekitar Stadion Joyokusumo baru-baru ini.

Tindakan tegas dilakukan Polres Pati dalam menyikapi maraknya sepeda motor berknalpot racing brong. Mereka yang kedapatan memiliki sepeda motor berknalpot racing brong langsung ditilang.

PATI - Polres Pati gencar menggelar razia dengan sasaran sepeda motor berknalpot racing atau brong.

Adapun razia ini digelar di sekitar Stadion Joyokusumo, Pasar Soponyono, dan Jalan Kolonel Sunandar Pati, Jumat (14/1/2022) sore hingga petang.

Kasi Humas Polres Pati Iptu Sukarno mengungkapkan, petugas melakukan tindakan tilang sebanyak 43 pelanggar.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendisiplinkan masyarakat Pati, agar senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas. Khususnya untuk menggunakan knalpot standar. Karena penggunaan knalpot jenis racing atau brong sangat mengganggu kenyamanan masyarakat," jelasnya, Sabtu (15/1/2022).

Petugas juga mengedukasi masyarakat terkait larangan penggunaan knalpot brong. Mereka yang terjaring razia diminta untuk mengembalikan knalpot sesuai standar

Iptu Sukarno memaparkan, dasar dilakukannya razia ialah Undang-Undang Republik Indonesia nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia; Undang-Undang Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan; dan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup nomor 56 Tahun 2019 tentang ambang batas kebisingan kendaraan bermotor.

Selain itu operasi ini juga berdasarkan surat perintah Kapolres Pati tanggal 14 Januari 2022 tentang tugas Razia Kendaraan Bermotor dengan sasaran pelanggaran kasat mata dan Knalpot Racing/Knalpot Brong di Wilayah Kabupaten Pati. (hus)