Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib Dibaca!!! Tips Punya Rumah Sendiri Tanpa Hutang ke Bank

 

ilustrasi rumah sederhana

Harga rumah yang berkisardi atas Rp 100 juta, membuat siapapun pasti akan geleng-geleng kepala. Terutama bagi pasangan muda yang ingin memiliki rumah sendiri. Dengan gaji upah minimum, hampir mustahil bisa menabung untuk membangun atau membeli rumah sendiri.

Lalu bagaimana agar dengan penghasilan sekitar Rp 3 jutaan kita bisa membeli rumah sendiri atau membangun rumah sendiri. Inilah sedikit tips atau cara agar punya rumah sendiri tanpa hutang bank. Tips nya antara lain adalah :

1.  Menabung

Menabung di sini bukan menabung dalam bentuk uang, menabung uang itu tidak untung, karena setiap tahun akan mengalami penurunan nilai. Tapi menabunglah di toko bahan bangunan. Caranya bagaimana ?

Misalnya gaji anda Rp 3 juta, sisihkanlah setiap bulan 1,5 juta. Uang itu bawa ke took material bahan bangunan terdekat dan terpercaya. Sampaikan kepada pemilik toko, uang yang kamu bawa itu belikanlah misalnya semen.  Katakanlah uang yang kamu bawa bisa untuk membeli 10 sak semen.

Akan tetapi semen itu titipkan di toko tersebut, dan katakan kepada pemilik toko bahwa semen itu akan kamu ambil misalnya 3 tahun lagi. Di sini kedua belah pihak akan sama-sama diuntungkan. Pembeli bisa menabung bahan bangunan, sebab setiap tahun harga bahan bangunan ini selalu naik. Pemilik toko juga untung karena mendapat semacam suntikan modal berupa uang tunai.

Cara ini akan membantu anda untuk merencanakan membangun rumah, karena misalnya anda tetapkan target tiga tahun, otomatis ongkos pembangunan rumah hanya menyisakan biaya tukang saja. Beberapa toko bangunan sudah paham dengan konsep nabung semacam ini.

2.  Gotong-Royong dengan Teman

Cara ini hampir sama dengan cara pertama, yaitu menabung bahan bangunan. Bedanya ini dilakukan antar teman. Sistemnya mirip seperti orang nyumbang untuk hajatan pernikahan. Namun dalam gotong-royong pembangunan rumah ini bukan memberi uang tunai, melainkan memberikan sejumlah bahan bangunan.

Misalnya begini, si A akan membangun rumah. Si A punya 5 orang teman dekat dengan usia yang sama, katakanlah mereka satu angkatan saat sekolah. Dalam tradisi orang desa saat tetangga, saudara atau teman mau membuat rumah mereka pasti akan nyumbang. Entah dalam bentuk uang, atau beras.

Karena ini program gotong-royong, si A bersama 5 temannya ini sepakat untuk saling membantu dalam membuat rumah, caranya dengan nyumbang bahan bangunan itu. Nanti suatu saat Ketika si B yang akan membuat rumah, nyumbang dengan bahan bangunan juga dilakukan. Program ini harus menjadi kesepakatan bersama.

Sama dengan menabung di toko bangunan, car aini akan sedikit meringankan biaya pembangunan rumah. Khususnya bagi anak-anak muda dengan penghasilan upah minimum.

Cara menabung rumah seperti ini tidak dianjurkan kepada orang-orang seperti youtuber Atta Halilintar atau artis kondang Raffi Ahmad. Sebab uang mereka tak da habis-habisnya.

Untuk diketahui pembaca, dikutip dari Kompas.com dengan judul artikel "Waduh... Harga Bahan Bangunan Terus Melambung!", harga sejumlah produk bahan bangunan seperti cat, keramik, dan saniter, maupun semen, naik rata-rata sebesar 10 persen. (yan)