Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perempuan Nelayan Rembang Deklarasikan Gus Muhaimin untuk Nyapres


Sekelompok perempuan yang tergabung dalam komunitas nelayan di Rembang membawa poster Gus Muhaimin


Ratusan perempuan yang tergabung dalam komunitas nelayan pantai utara (pantura) menaruh harapan besar kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Karena itu mereka kompak mengusung tokoh yang akrab disapa Gus Muhaimin itu untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

REMBANG - Koordinator Komunitas Perempuan Nelayan Pantura, Zakiyah, mengungangkapkan saat ini permasalahan yang dihadapi oleh para nelayan sangatlah kompleks. 

“Kurangnya fasilitas dan alat untuk para nelayan dalam mencari ikan,” ujar Zakiyah saat deklarasi dukungan terhadap Gus Muhaimin untuk maju di 2024 di Pantai Desa Trahan tepatnya di dekat PLTU Sluke, Rembang, Rabu (23/2/2022).

Menurut Zakiyah, selama ini Gus Muhaimin sudah banyak membantu nelayan soal permudahan perizinan melaut.

"Terus juga soal solar, nelayan-nelayan kecil itu harus ada izin melaut. Izin ini, izin itu, itu yang selama ini kita usahakan supaya nelayan-nelayan itu cukup pakai kartu, tapi bisa dapat solar subsidi," bebernya

Selain itu, harga jual dari hasil tangkapan para nelayan juga masih berada di bawah harga pasar.

Hal ini membuat para nelayan sulit mendapatkan kesejahteraan, karena kalah bersaing dengan hasil laut yang dijual di supermarket.

"Di sini kurang pelatihan nelayan supaya membuat produk yang lebih punya kapabilitas dan bisa masuk ke mal-mal atau masuk ke supermarket," ujarnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap Gus Muhaimin dapat menyampaikan aspirasi para nelayan.

Terutama dalam menghadirkan masa depan yang lebih baik bagi kelompoknya tersebut.

"Kita tahu beliau selalu berusaha untuk memenuhi, maka itu kita menyampaikan ke masyarakat bahwa salah satu yang memiliki amanah dan komitmen tertinggi untuk masyarakat itu Gus Muhaimin. Kami harap masyarakat yang lain itu serta memberikan dukungan," pungkasnya. (yan)