Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Salatiga Juara Umum Kejurprov Atletik Jateng 2022

 

Suasana kejuaraan atletik tingkat Jawa Tengah di Stadion Joyokusumo Pati

Salatiga kembali meneguhkan diri sebagai kota olahraga yang selalu menjadi lumbung atlet atletik terbaik. Hal ini dibuktikan dalam kejuaraan kelompok umur baru-baru ini di Pati Jawa Tengah.

PATI - Kota Salatiga menjadi juara umum dalam Kejuaraan Atletik Kelompok Umur tingkat Provinsi (Kejurprov) Jawa Tengah 2022, di Stadion Joyokusumo Pati, 11-12 Februari kemarin.

Kota salatiga membuktikan diri sebagai daerah penghasil prestasi atletik di Jawa Tengah.

Raihan medali Salatiga cukup dominan dengan mendulang 31 medali yang meliputi 10 emas, 10 perak, dan 11 perunggu.

Raihan tersebut mendudukkan Salatiga sebagai juara umum pertama. Disusul Kota Surakarta dengan membukukan 7 emas, 6 perak, dan 4 perunggu dan berhak atas juara umum kedua. Adapun Kabupaten Blora berhak atas juara umum ketiga dengan koleksi 6 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Sedangkan tuan rumah Pati harus puas menempati peringkat 8. Kontingen Bumi Mina Tani hanya meraih 7 medali yang terdiri atas 2 emas, 4 perak, dan 1 perungu.

Ketua Panitia Kejurprov Suwito mengemukakan, event yang baru kali pertama berlangsung di Pati. Antusias atlet dan pelatih, menurutnya luar biasa.

"Kejurprov ini seperti Kejurnas. Banyak daerah yang mengapresiasi, terlebih PASI Jateng. Bahkan, tidak sedikit daerah yang meminta Pati menjadi tuan rumah Kejurprov lagi," ujarnya seusai menyerahkan trofi bersama Ketua Umum PASI Jateng Rumini, Sabtu (12/2/2022). 

Sukses penyelenggaraan yang tidak dibarengi dengan prestasi atlet Pati, menurut Suwito tidak terlalu dipermasalakan. Ketua PASI Pati ini mengaku gelar juara tidak menjadi target utama dalam Kejurprov kali ini.

"Secara umum event ini untuk mencari bibit unggul dan regenerasi atlet bagi seluruh daerah di Jateng. Setidaknya, kami sudah dapat memetakan potensi atlet untuk dibina lebih intensif ke depan," katanya.

Kendati demikian, dia mengaku akan melakukan evaluasi internal. Mengingat, PASI Pati memiliki ambisi besar untuk mengembalikan kejayaan atletik. (hus)