Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ratusan Karya Jurnalistik Semarakkan Lomba HPN di Pati

Para pemenang lomba jurnalistik HPN 2022 berfoto bersama


Ratusan karya memeriahkan gelaran lomba jurnalistik dalam rangka Hari Pers Nasional di Kabupaten Pati tahun 2022. Lomba ini digelar bekerjasama dengan Polres dan Kodim Pati. 

PATI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati bekerjasama dengan Polres Pati serta Kodim 0718/Pati menggelar lomba karya jurnalistik dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Ada empat kategori lomba yang digelar, tidak hanya untuk para jurnalis melainkan terbuka bagi masyarakat umum. Bahkan tercatat ratusan karya telah dikirimkan untuk berebut juara. Tak hanya dari lokal Pati saja, peserta dari berbagai daerah seperti Kudus, Semarang, Madiun, Solo, Jogja, Jakarta, Makassar hingga Bali turut tertarik untuk mengikuti lomba yang digelar secara daring tersebut.

"Kategori lomba yang dipertandingkan dibagi untuk umum dan jurnalis. Kategori umum dibagi dalam lomba fotografi serta reels instagram. Sementara kategori jurnalis dibagi dalam lomba fotografi dan penulisan berita feature. Kami bersyukur antusias dari peserta luar biasa. Sedikitnya ada 159 karya yang telah masuk. Dari ratusan peserta itu kami pilih 12 pemenang,” kata Ketua PWI Kabupaten Pati M Noor Efendi.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Pendi ini menyebut jika latar belakang lomba ini selain untuk peningkatan kreatifitas wartawan dan masyarakat dalam hal menulis, mengambil gambar dan video. Kegiatan ini juga untuk mendekatkan jurnalis dengan masyarakat.

“Kami berharap berita yang ditulis awak media juga memiliki nilai edukasi kepada masyarakat. Bahkan informasi yang negatif bisa menjadi baik bila dan bahan pembelajaran jika diisi edukasi yang tepat,”tambahnya.

Sementara itu Kapolres Pati AKBP Christian Tobing mengaku begitu mengapresiasi akan lomba karya jurnalistik yang digelar PWI Pati. Terlebih dalam pemilihan tema sinergitas TNI, Polri dan masyarakat.

“Tema ini sangat penting bagi para banteng negara ini. Lewat media mampu membangun citra yang baik,”ujarnya.

AKBP Christian Tobing bahkan menyebut berhasil diraihnya status wilayah bebas korupsi (WBK) pada Polres Pati juga tak lepas dari peran serta dari peran jurnalis. Termasuk keberhasilan Polres Pati dalam mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Sementara itu Dandim Letkol Inf Catur Irawan menambahkan diantara tugas dari jurnalis memanglah memberikan edukasi kepada masyarakat. Oleh karenanya dia begitu mendukung keberadaan PWI Pati.

“Seorang jurnalis itu seperti seniman dalam hal menulis berita,”imbuhnya. (yan)