Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hore!!! Apkasi Gelar Anugerah Jurnalistik 2022

Istimewa


Lomba jurnalistik kembali digelar Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Apkasi ingin mengapresiasi peran media dalam mendukung pembangunan di daerah-daerah. Tahun 2022 ini tema lomba yang ditentukan adalah Inovasi Daerah untuk Menarik Potensi Investasi Dalam dan Luar Negeri

JAKARTA – Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) kembali akan menggelar lomba tulis jurnalistik untuk wartawan/media, Anugerah Jurnalistik Apkasi (AJA) 2022. AJA adalah bentuk apresiasi dan komitmen APKASI dalam menjalin hubungan silahturahmi dengan media massa, serta mewujudkan dukungan konkrit bagi pembangunan di daerah-daerah melalui publikasi yang aktual, akurat, kritis dan konstruktif.

Direktur Eksekutif Apkasi, Sarman Simandjorang menjelaskan, APKASI senantiasa mengapresiasi peran media massa dalam mempublikasikan pembangunan di daerah-daerah kabupaten sehingga terjalin kemitraan yang strategis antara Pemerintahan Kabupaten, media dan masyarakat maupun kordinasi dengan pemerintah pusat.

 "Media massa adalah mitra strategis bagi Apkasi sebagai sumber informasi sehingga perannya mendukung dalam koordinasi baik antar pemerintah daerah maupun dengan pemerintah pusat," katanya. Karena itu sebagai mitra strategis, APKASI akan memberikan apresiasi tertinggi berupa Anugerah Jurnalistik melalui lomba tulis yang seleksinya akan digelar mulai April hingga akhir Juni 2022," kata Sarman.

APKASI, lanjut Sarman, akan menentukan tema lomba yaitu "Inovasi Daerah untuk Menarik Potensi Investasi Dalam dan Luar Negeri". Tema ini se├Čring dengan peran APKASI yang sedang menggiatkan peran Pemkab dalam memulihkan ekonomi di daerah melalui jejaring global.

"Melalui AJA ini diharapkan dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang lebih berkualitas, dan menggali potensi daerah dengan inovasi-inovasinya, berbagai persoalannya, membuka wawasan publik, serta kemungkinan solusi pemulihan ekonomi dan pembangunan di daerah" tutup Sarman.

Lomba tulis AJA ini dibuat dalam 2 kategori yaitu penulisan artikel (indepth) di media massa cetak dan media online. Masing-masing pemengan terbagi untuk juara I, II dan III, dengan total hadiah belasan juta rupiah. Lomba ini berlaku bagi seluruh media nasional dan lokal cetak/online yang sudah terdaftar di Dewan Pers.

Berikut ketentuan dan persyaratan umum lomba AJA 2022: 

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di media massa nasional atau lokal di Indonesia baik media cetak dan online

2. Karya yang didaftarkan harus pernah dipublikasikan atau disiarkan di media massa pada rentang waktu 1 Januari 2022 sampai dengan 25 Juni 2022.

3. Batas waktu pendaftaran dan penyerahan karya jurnalistik terakhir pada tanggal 25 Juni 2021 via Google Form yang bisa diakses di https://bit.ly/SubmitAJA2022 .

4. Semua karya yang dikirimkan ke panitia harus orisinal bukan terjemahan, saduran atau rangkuman. Jika ada ralat atau koreksi harus disertakan untuk menjaga akurasi karya. Seluruh peserta harus menyatakan bahwa karya jurnalistik yang didaftarkan benar–benar karya orisinal.

5. Jumlah karya yang dikirimkan bersifat tidak terbatas.

6. Peserta melampirkan fotokopi Kartu Pers dan KTP/SIM yang masih berlaku.

7. Karya jurnalistik yang memenangkan lomba jurnalistik ini akan menjadi hak milik Apkasi, dengan tetap menyebutkan nama media dan penulis/jurnalis di dalam publikasi yang dilakukan oleh Apkasi.

8. Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat. Juri berhak untuk menolak suatu karya yang didaftarkan yang dianggap tidak memenuhi persyaratan. Juri berhak menarik kembali penghargaan yang diberikan bila karya yang memenangkan penghargaan ternyata terbukti hasil plagiat dan tidak orisinal.

9. Karya jurnalistik yang diikutkan dalam lomba ini adalah karya jurnalistik berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

10. Karya yang dikirimkan murni merupakan tulisan jurnalistik dan memiliki nilai berita, bukan tulisan iklan atau advertorial. (yan)