Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Kuliner Khas Kudus untuk Menu Buka Puasa

Tampak sepiring Nasi Pindang Kerbau dengan isian potongan daging, daun melinjo dan bawang goreng/ @harbrianto


KUDUS - Bosan dengan menu berbuka yang itu-itu aja. Cobalah menu berbuka dengan kuliner khas Kudus, Jawa Tengah yang lezat dan istimewa. Kuliner khas ini dijamin bakal membuat buka puasa lebih nikmat dari biasanya.

Berikut redaksi lingkarmuria.com merangkum daftar kuliner khas Kudus yang cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa. 

Soto Kudus/ @hanirosyidah


1. Soto Kudus

Kuliner yang satu ini sudah sangat familiar bagi masyarakat Kudus. Soto Kudus juga sangat populer sebagai kuliner khas dari Kota Kretek ini. Soto Kudus yang khas menggunakan daging kerbau, dengan isian sayur kol dan taoge. Kuahnya agak bening dan segar. Satu sendok Soto Kudus saat berbuka puasa bakal terasa nikmat sekali.

Untuk menikmati kuliner Soto Kudus, anda tidak perlu repot karena hampir di tiap sudut Kota ini banyak penjual soto. Seperti di Soto Bu Jatmi Panjunan, Soto Pak Denuh di Jati, atau di Taman Bojana Alun-Alun Kudus.



2. Garang Asem

Selain soto, kuliner khas Kudus yang cocok sebagai menu berbuka puasa adalah Garang Asem. Masakan berkuah bening dengan cita rasa asam dan pedas ini sangat menyegarkan untuk menjadi santapan berbuka. Dengan isian utama daging ayam yang dikukus  bersamaan dengan bumbunya membuat lapis demi lapis daging ayam terasa maknyus sekali. 

Sepiring nasi sepertinya tak cukup untuk menyantap kuliner yang penyajiannya dibungkus dengan daun pisang ini. Untuk menikmati kuliner selezat ini bisa berkunjung ke rumah makan Sari Rasa di daerah Jati dan juga di depan Mapolres Kudus. 

3. Nasi Pindang Kerbau

Orang Kudus sangat memegang teguh ajaran dan warisan dari Sunan Kudus untuk tidak menyembelih sapi dan menggantinya dengan kerbau. Ini sebagai bentuk toleransi terhadp umat Hindu pada masa itu.

Nah ajaran tersebut yang menjadikan kota ini kaya akan kuliner khas dengan menu serba kerbau. Selain Soto Kudus yang isinya daging kerbau, ada lagi menu masakan dengan bahan utama daging kerbau. Yaitu adalah Nasi Pindang.

Nasi Pindang hampir mirip seperti masakan rawon di Jawa Timur atau Nasi Gandul di Pati. Nasi Pindang berkuah santan encer dengan ciri khas berupa daun so/melinjo sebagai pelengkap isian utama berupa daging kerbau. Masakan ini juga mudah dijumpai di kawasan Kudus kota, seperti di Taman Bojana atau di Pasar Kliwon.

Itulah rekomendasi kuliner khas Kudus yang bisa dijadikan alternatif menu berbuka puasa yang lezat, sebagai selingan masakan rumahan yang sudah setiap hari kita makan. Kuliner-kuliner yang disebut di atas sudah terbukti kelezatannya. Dan selalu menjadi buruan orang-orang yang datang di kota ini. (hus)