Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gayengnya Kopdar Peternak Kambing Domba di Pati

Kopdar dan halalbihalal peternak kambing dan domba di Kabupaten Pati


PATI - Acara kopi darat (kopdar) sekaligus halalbihalal Paguyuban Peternak Domba dan Kambing Pati (PPDKP) digelar di Berkah Ngarit Farm Desa Tawangrejo Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, Kamis (26/5/2022). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pati Niken Trimeiningrum dan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin.

Acara yang berlangsung gayeng itu dilakukan sekaligus untuk langkah antisipatif terhadap potensi serangan Penyakit Muluk dan Kuku (PMK).

"Pertemuan rutinan ini memang untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan cara-cara mengelola atau beternak hewan domba dan kambing yang baik. Termasuk dalam upaya mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK), pada hewan ternak yang dibudidayakan," jelas Koordinator PPKDP sekaligus Owner Berkah Ngarit Farm Udhi Harsilo Nugroho.

“Di sini juga sekaligus dilakukan sosialisasi terhadap penuakit hewan ternak yang saat ini marak, yakni penyakit mulut dan kuku yang sedang menimpa para peternak terutama sapi, kerbau dan kambing. Sehingga peternak hewan di Pati bisa mengantisipasi agar ternak-ternaknya terhindar dari PMK,” imbuhnya.

Melalui sosialisasi ini, lanjut Udhi, para peternak yang tergabung dalam PPDKP diharapkan bisa menghasilkan hewan-hewan ternak, yang sehat dan berkualitas, untuk mewujudkan kedaulatan pangan khususnya dari sisi peternakan.

“Kebetulan Wabup Saiful Arifin ini juga seorang peternak domba dan kambing, dan beliau antusias untuk memberikan sharing (berbagi) pengalaman dalam beternak domba dan kambing,” katanya. 

Untuk diketahui sejak merebaknya PMK di beberapa daerah, PPDKP mengimbau kepada anggotanya, untuk senantiasa menjaga sanitasi kesehatan dan penyemprotan disinfektan di kandang-kandang hewan ternaknya. (hus)