Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalin Kerjasama MTsN 3 Rembang jadi Sahabat Madrasah MTsN 1 Pati

Kerjasama antara MTsN 3 Rembang dengan MTsN 1 Pati


Melalui kerja sama ini, MTsN 3 Rembang berharap mampu mengikuti jejak MTsN 1 Pati yang bisa berprestasi hingga tingkat internasional.

PATI - MTsN 1 Pati melakukan penandatanganan MoU Sahabat Madrasah dengan MTsN 3 Rembang pada Sabtu (21/5). Kali ini, MTsN 3 Rembang menjadi madrasah sahabat MTsN 1 Pati yang ke-13.

Penandatanganan MoU berlangsung di Aula MTsN 1 Pati. Selain dihadiri oleh para pimpinan dari masing-masing instansi, penandatangan MoU juga disaksikan oleh sejumlah perwakilan guru dan pegawai dari kedua belah pihak. 


Sebelum penandatangan MoU, acara diawali dengan pembacaan syahadat, shalawat, doa, mahalul qiyam, dan sambutan dari masing-masing pimpinan.


Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, dalam sambutannya mengajak seluruh tamu yang hadir untuk belajar bersama terkait pengelolaan madrasah. “Pada kesempatan kali ini, monggo kita belajar bersama bagaimana mengelola madrasah,” ajaknya.

 

Ia juga mengungkapkan bahwa untuk menjadi lebih baik dan bisa maju, madrasah harus memiliki mimpi. “Jangan harap kalau tidak punya mimpi nanti bisa menjadi baik dan maju. Mimpinya kita tuangkan dalam visi-misi madrasah,” ungkap Syafak. 


Syafak menjelaskan lebih rinci bahwa selain mimpi, harus ada kerja sama yang baik antara guru dengan kepala madrasah, harus bisa menjadi uswatun hasanah, dan harus siap menjadi pelayan. “Kepala madrasah kalau tidak didukung oleh guru, jangan mimpi kalau madrasah bisa maju. Begitu pun guru, ingin maju sendiri tanpa didukung oleh kepala madrasah, juga tidak bisa. Harus bersama antara kepala dan guru. Kepala harus menjadi uswatun hasanah, dan paling berat adalah menjadi pelayan. Kepala melayani guru, guru menjadi pelayan murid dan wali murid,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Syafak juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan dari MTsN 3 Rembang. “Terima kasih atas ke-rawuhan-nya, mudah-mudahan dibalas Allah dengan berlipat ganda. Balasannya, yaitu madrasahnya menjadi berkah, manfaat, dan istiqomah,” tandas Syafak.

 

Sementara itu, Kepala MTsN 3 Rembang, Masrum, menjelaskan bahwa kerja sama yang dilakukan ini dalam rangka meningkatkan mutu madrasah yang ia pimpin. “Kami MoU dengan MTsN 1 Pati, yang pertama untuk bekerja sama dalam meningkatkan mutu madrasah kami supaya madrasah kami ini tahun yang akan datang dan seterusnya bisa mengikuti prestasi-prestasi yang ada di MTsN 1 Pati,” jelasnya.


Masrum menyebutkan pihaknya fokus menggali progam-progam unggulan yang telah dilaksanakan di MTsN 1 Pati. “Satu, bidang pengembangan mutu, yaitu untuk kelas bilingual atau kelas unggulan, program robotik, kemudian kelas Tahfidz Alquran. Kemudian untuk program perpustakaan dan kegiatan-kegiatan unggulan yang ada di MTsN 1 Pati harus kami gali dan bisa kami kembangkan di  madrasah kami,” sebutnya.

 

Sebagai tindak lanjut penandatangan MoU ini, Masrum mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengambil langkah strategis dengan mengadakan rapat koordinasi bersama tim MTsN 3 Rembang.

 “Nanti, setelah ini kami akan mengadakan rapat koordinasi dengan tim yang ada di MTsN 3 Rembang untuk merumuskan tindak lanjut kunjungan di MTsN 1 Pati dan langsung action,”ungkapnya. Lebih jauh, ia menuturkan jika timnya akan langsung berkomunikasi dengan masing-masing koordinator progam unggulan MTsN 1 Pati, terutama di bidang lomba dan pengembangan kelas unggulan atau kelas sains dan robotic. (hus)