Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

M. Ridwan : Kunci Melatih SSB Ekstra Sabar

M. Ridwan pelatih PSIS Development saat mengisi workshop di Pati


Ada satu kunci yang harus dipahami oleh para pelatih SSB dan akademi. Yaitu sabar. Hal itu ditekankan oleh M. Ridwan coach PSIS Development.  

PATI - Puluhan pelatih SSB dan akademi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah mendapatkan ilmu berharga dari PSIS Development. Pada Minggu (15/5/2022) Askab PSSI Pati menggelar worshop tentang pembinaan sepakbola usia dini di era modern.

Coach PSIS Development M. Ridwan berharap,  agar pelatih SSB lebih bersabar dalam melatih pemain muda. "Karena memang dalam melatih anak-anak usia muda perlu kesabaran yang ekstra, ketika melatih anak usia muda merupakan proses dari yang sebelumnya tidak bisa menajadi bisa dan dari yang bisa menjadi ahli," jelas mantan pemain timnas Indonesia yang malang melintang di sejumlah tim besar tanah air ini.

Dalam kesempatan tersebut M. Ridwan membagikan pengalamannya bagaimana menerapkan pola pembinaan pemain muda di PSIS Development yang merupakan akademi pemain usia muda di tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar tersebut. Tidak hanya sharing pengalaman secara teoritis, M. Ridwan bersama Ian Andrew Gilan yang merupakan Head Coach PSIS Development juga membagikan pengalaman secara langsung di lapangan dengan praktik melatih. Kegiatan ini dilakukan di Stadion Joyokusumo. 

M. Ridwan sharing pengalaman secara langsung di Stadion Joyokusumo Pati


Sementara itu semua pelatih SSB yang mengikuti kegiatan Workshop kali ini mengku senang karena mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya tidak pernah di dapatkan. (hus)