Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadi Ajang Pembinaan Pemain Liga Askab PSSI Pati Mulai Digelar

Para pemain yang akan berlaga 


Askab PSSI Pati resmi memutar kompetisi Liga untuk kelompok umur 12 dan 14 tahun. Kompetisi ini diharapkan menjadi wadah pembinaan bagi pemain-pemain muda di desa-desa.

PATI - Turnamen Asosiasi Kabupaten (Askab) Pati untuk kelompok umur 12 tahun dan 14 tahun mulai digelar. Turnamen itu diharapkan dapat memunculkan bibit potensial bagi dunia persepakbolaan di Kabupaten Pati. 

Ketua Askab Pati Jumani melalui panitia kegiatan Gunawan mengatakan, total ada 25 tim yang mengikuti kategori KU 12 tahun dan 15 tim KU 15 tahun. Turnamen itu sendiri merupakan wujud Program Kerja Askab PSSI Pati Tahun 2022 guna melakukan evaluasi pembinaan sepakbola yang dilaksanakan oleh SSB, PS maupun Klub yang ada di Kabupaten Pati.

"Liga Sepakbola Kelompok Umur 12 dan 14 Tahun ini juga bertujuan untuk melaksanakan Talent Scouting untuk nantinya akan di prospek dalam dan Latihan Olahraga Daerah (PPLOD), " papar Gunawan. 

Pertandingan akan dilangsungkan di 4 Lapangan yaitu Lapangan Sepakbola Singgojoyo Desa Kuryokalangan,Lapangan Sepakbola Desa Wedarijaksa,Lapangan Kincir Desa Langgenharjo Juwana danLapangan Sepakbola Soegondo Desa Bulumanis Margoyoso dengan system pertandingan setengah kompetisi.

"Lewat kompetisi ini diharapkan dapat menata pembinaan yang berbasis Persatuan Sepakbola yang ada di desa, memberikan kesempatan yang lebih kepada pemain lokal untuk upgrade potensi menuju Pati Yang Berprestasi di Cabang Olahraga Sepakbola, " imbuhnya.

Kegiatan ini juga diilhami atas rasa prihatin terhadap fenomena pembinaan sepakbola saat ini yang banyak memakai jalan instan. Selain itu pembinaan dari bawah yaitu pembinaan dari Persatuan Sepakbola yang dilaksanakan di desa-desa dirasa belum merupakan prioritas utama karena dianggap pembinaan yang dilakukan tidak terstandar dengan baik dan tidak menghasilkan pemain yang potensial dan berkualitas.

"Oleh karena itu Askab kini tengah memfokuskan kepada peningkatan prestasi persepakbolaan Kabupaten Pati dengan pelaksanaan program yang menitik beratkan kepada pembinaan yang berkesinambungan, sistematis, terstruktur dan pemberian kesempatan untuk melakukan upgrading potensi baik pemain, pelatih stake holder sepakbola lokal Pati dan membela daerah pada setiap kegiatan prestasi di tingkat daerah maupun nasional, " bebernya.

Pembukaan turnamen liga sepakbola kelompok umur


Bibit pemain

Sementara itu Bupati Pati Haryanto yang diwakili Kasatpol PP Sugiono menambahkan, program pembinaan usia dini merupakan point penting sebagai upaya pengembangan bibit pemain berbakat sekaligus persiapan regenerasi atlet sehingga alur pembinaan dapat berjalan secara berjenjang, berkesinambungan dan tidak terputus di tengah jalan.

"Dengan kompetisi ini, ke depan kita tidak akan kekurangan berbakat sehingga harus merekrut pemain dari luar daerah, " ujarnya. (yan)

Dia juga menyebut sepakbola Kabupaten Pati kini tengah berkembang ke arah yang lebih baik sebelumnya. Euforia semakin menggelora, saat Persipa Pati berhasil mendapatkan tiket promosi naik kasta ke Liga 2 setelah pada babak 16 besar Liga 3 Putaran Nasional. Prestasi setelah perjuangan panjang selama 71 tahun.

"Ini membuktikan bahwa di kancah nasional, sepakbola Kabupaten Pati layak diperhitungkan untuk berkompetisi dengan daerah lainnya, " Tambahnya. (hus)