Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Museum Kartini Jadi Ajang Pameran Karya Perupa Jepara

Pengunjung Museum Kartini Jepara menikmati ragam karya lukisan para perupa Jepara 


Puluhan karya seni rupa dipamerkan di aula Museum Kartini Jepara. Diharapkan ramainya kegiatan pameran menambah khazanah seni rupa di Kota Ukir.

JEPARA- Sebahyak 49 karya dari para perupa Jepara dipamerkan di Aula Museum Kartini Jepara. Sebagian besar karya-karya yang dipamerkan bertema soal Jepara.

Separuh dari karya tersebut sebelumnya merupakan hasil dari agenda Indonesia Menggambar beberapa hari lalu. Puluhan perupa dari berbagai kalangan dan usia ikut menyumbangkan karya yang dikerjakan di Museum Kartini Jepara.

Jatmiko, salah satu perupa senior di Jepara, sangat mengapresiasi pameran yang digagas para perupa muda itu. Menurutnya, pameran-pameran serupa mesti diperbanyak untuk menambah khazanah seni rupa di Kota Ukir.

“Saya rasa ini pameran pertama kali setelah dua tahun tidak ada karena pandemi. Ternyata masih banyak seniman yang berkarya. Dan ini patut diapresiasi,” kata Jatmiko, Sabtu (28/5/2022).

Identitas Jepara

Sementara itu, perupa senior lain, Utoyo Hadi, juga menyambut baik pameran bertajuk “Jepara dalam Coretan” itu. Dirinya menilai, banyaknya karya yang dipamerkan beraliran naturalis itu, menurutnya sudah menjadi salah satu identitas dari perupa Jepara sejak masa lalu.

“Seperti saya dulu, juga pernah membuat banyak karya naturalis. Dan ternyata peminatnya banyak. Bahkan sebagian dari luar negeri. Menurut saya, perupa-perupa Jepara yang beraliran naturalis mesti memperbanyak karya dan rajin pameran. Supaya semakin banyak orang yang melihat lalu tertarik,” tutur Utoyo.

Utoyo sangat berharap ada galeri khusus seni rupa di Jepara. Sehingga, karya-karya para perupa bisa dipamerkan setiap saat di tempat yang pasti.

Terpisah, Kustam Eka Jalu, Ketua Umum Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara, menyatakan bahwa pameran yang diinisiasi oleh Komite Seni Rupa dan sejumlah komunitas itu, menjadi permulaan dari pergerakan seniman rupa di Bumi Kartini.

Dengan mengajak seluruh perupa yang di komunitas atau yang berkarya secara personal dalam satu even, menurut Kustam, itu sangat tepat untuk memajukan seni rupa di Jepara. 

“Tentu kami terus berupaya untuk membuka ruang-ruang ekpresi dan karya bagi kawan-kawan perupa Jepara. Salah satunya dengan pameran seperti ini. Setelah ini, tentu akan makin banyak lagi even serupa dengan skala yang lebih besar lagi,” jelas Kustam.

Pameran bersama ini digelar sampai Selasa (31/5/2022). Pameran dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.(yan)