Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tragis Cerita Banjir Bandang di Tunjungrejo

Kondisi pasca banjir bandang di Tunjungrejo Margoyoso Pati, Selasa (28/6/2022)

Banjir bandang terjadi di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso. Akibatnya puluhan rumah mengalami kerusakan. Banjir bandang terjadi akibat curah hujan yang tinggi pada Senin (27/6/2022).

PATI – Sebanyak 26 rumah dilaporkan mengalami kerusakan. Sukarjan warga setempat menceritakan krobologi banjir bandang tersebut, awalnya sekitar pukul 20.30 WIB, hujan disertai angin kencang menimpa wilayah ini. Selang beberapa jam, sekitar pukul 22.30 WIB, hujan reda. Namun, tiba-tiba ada gemuruh dari arah Sungai Sat yang terletak di dekat permukiman warga.

Ternyata tanggul sungai yang berhulu di pegunungan Muria itu jebol. Air kencang pun menerjang rumah-rumah warga. Warga pun lari menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi.

"Awalnya hujan dan angin kencang. Terus ada tanggul jebol. Kita lari menyelamatkan diri," kata Sukarjan.

Dari 26 rumah yang rusak, ada lima rumah rusak parah, bahkan ada rumah tembok yang tinggal teras dan satu kamar. Rumah Sukarjan sendiri mengalami kerusakan bagian belakang. Separo rumahnya hanyut terbawa arus.

Korban jiwa nihil

Kepala Desa Tanjungrejo Mochamad Ali Zuhri menambahkan, sekitar  20 meter tanggul Sungai Sat jebol. Salah satu warganya sempat terbawa arus banjir. Untungnya berhasil diselamatkan oleh warga. Sehingga tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini. " Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," paparnya.

Pihaknya pun sudah berkoordinasi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Palang Merah Indonesia (PMI) dan instant terkait. Saat ini, sejumlah warga, personel TNI/Polri, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) sedang membersihkan puing-puing dan lumpur-lumpur yang tersisa. (yan)