Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Disperkim Pastikan Perizinan Perumahan New Fa-Fa Residence Pati

 

Jalan di depan perumahan New Fa-Fa Desa Puri Pati

PATI - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Pati memastikan seluruh perizinan untuk perumahan New Fa-Fa Residence di Desa Puri Kecamatan Kota Pati sudah clear and clean.

Dispekrim memberikan klarifikasi tersebut setelah ramainya informasi seputar perumahan tersebut yang dianggap melanggar tata ruang hingga menyebabkan kerusakan jalan kabupaten di depan perumahan.

"Kami datang untuk melakukan monitoring pembangunan perumahan ini. Kalau untuk tata ruangnya tidak ada masalah. Memang dulu lahan sawah tetapi sesuai tata ruang di perda nomor 2 tahun 2021 sudah masuk kawasan peruntukan pemukiman pedesaan. Jadi tidak melanggar. Semua permohonan perizinan yang dilakukan oleh New Fa-Fa Residence sudah clear and clean," jelas Kabid Perumahan Suhartono, Senin (27/6/2022).

Kerusakan jalan

Terkait kerusakan jalan di depan perumahan, lanjut Suhartono hal itu merupakan sebuah keniscayaan karena sedang tahap konstruksi. Apalagi ditambah musim hujan. Namun pihak pengembang sudah berkomitmen untuk ikut melakukan perbaikan, nantinya perbaikan akan dilakukan bersama-sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pati.

Selain itu pihaknya juga melakukan monitoring terhadap penyediaan Prasarana  Sarana dan Utilitas (PSU) yang menjadi kewajiban pengembang perumahan. "Jalan perumahan sudah sesuai ketentuan yang diatur oleh Peraturan Pemerintah yakni lebarnya 6 meter dengan kiri kanannya dilengkapi drainase. Pengembang juga menyediakan fasilitas masjid dan sudah dibangun," paparnya.

Karwi dari pihak pengembang mengungkapkan beberapa waktu lalu pihaknya telah mendapat surat dari DPUPR terkait kerusakan jalan. Pihaknya sudah kirim surat komitmen. Nanti tinggal menunggu arahan dari pihak DPUPR apa saja yang mesti diperbaiki. (yan)