Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswi SMAN 1 Jepara Ikuti Program Asia Kakehashi Project 2022

 

Instagram Nayyara

Nayyara Azwa Nabila senang sekali karena bisa mengikuti program belajar ke luar negeri. Siswi SMAN 1 Jepara ini lolos mengikuti  Azwa Nabila, lolos seleksi Program Asia Kakehashi Project (AKP). Nayya bakal belajar banyak tentang kebudayaan, sistem pendidikan, dan keseharian orang Jepang. 

JEPARA - Selain mempelajari kebudayaan dan pendidikan di negeri sakura, Nayya yang masih duduk di kelas X ini saat ingin mempelajari seni menggambar manga. 

“Saya juga ingin mempelajari seni menggambar manga di Jepang,” ungkap gadis yang tinggal di  Jalan K.S Tubun, Demaan ,Jepara ini.

Nayya tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan belajar di Jepang. Apalagi butuh perjuangan keras untuk lolos mengikuti program ini. Nayya harus menghadapi beberapa tes antara lain akademik, wawancara dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, dinamika kelompok, dan beberapa tes kesehatan. Dari puluhan ribu siswa yang mendaftar hanya dipilih 33 siswa dari seluruh indonesia.

Program Asia Kakehashi Project (AKP) merupakan program fully founded yg dibiayai 100% oleh pemerintah Jepang yang bertujuan untuk membuat jembatan budaya untuk siswa SMA di Asia dengan siswa SMA di Jepang.

Nayyara merasa sangat senang karena dapat mewujudkan mimpinya belajar di Jepang. Baginya, mengenal budaya dan orang baru merupakan hal yang menyenangkan.

Di Jepang nanti Nayya akan belajar di Osaka Gyousei High School, Hirakata, Osaka, selama 10 bulan. Ia akan tinggal di asrama bersama siswa pertukaran dari Indonesia dan negara Asia lainnya hingga Maret 2023.

Sekembalinya ke Indonesia, Nayya berharap menjadi pribadi yang lebih disiplin dan meningkatkan bakatnya.

"Harapan saya adalah semoga setelah saya belajar di Jepang saya akan menjadi lebih mandiri, disiplin, dan berbakat," pungkasnya. (hus)