Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marak Kasus Pelecehan, Pagar Nusa Pati Bekali Pelajar Putri Beladiri

Para peserta latihan beladiri PC Pagar Nusa Kabupaten Pati

Banyaknya kasus pelecehan seksual yang dialami perempuan di wilayah Pati membuat perguruan pencak silat Pagar Nusa berinisiatif untuk memberikan bekal ilmu beladiri. 

PATI - Belakangan ini banyak terjadi kasus pelecehan seksual di beberapa wilayah. Hal itu tentu membuat geram masyarakat. Karena itu perlu adanya tameng bagi diri seorang perempuan. Salah satunya dengan membekali diri dengan ilmu beladiri. Salah satu ilmu beladiri yang direkomendasikan adalah pencak silat, yang merupakan beladiri asli bangsa Indonesia. 

"Seni beladiri tidak hanya sebagai olahraga, namun juga bisa jadi tameng untuk diri sendiri khususnya bagi perempuan. Hal ini penting untuk dibudayakan dan ditanamkan pada diri sendiri mulai sejak dini," jelas Ketua PC Pagar Nusa Pati, Suwarto. 

Pentingnya beladiri bagi perempuan sebagai usaha untuk menjaga diri dari tindakan pelecehan. Serta, untuk melindungi diri dari orang-orang yang berbuat jahat di sekitarnya. 

"Dengan berbagai manfaat yang didapatkan, sangatlah penting beladiri untuk kaum hawa dan untuk kalangan santri, sehingga insyaallah terjaga kerohaniannya serta membentuk sikap dan karakter yang terlatih," kata Suwarto.

Melalui pelatihan beladiri, juga diajarkan nilai-nilai karakter. Di antaranya sabar, tidak sombong, pantang menyerah, toleransi, saling menghormati, tekun, sportif, suka menolong, disiplin, jujur, dan tanggung jawab. Dengan itu akan membentuk lingkungan santri menjadi lebih kondusif, aman, damai dan tenteram. Dalam hal itu, Suwarto mengajak para pelajar untuk membekali diri dengan ilmu beladiri. (mif)