Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seni Ukir Jepara Terancam Punah PJ Bupati Minta Dibuatkan Roadmap

PJ Bupati Jepara melihat karya ukir


Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta menaruh perhatian besar pada seni ukir khas Jepara. Sekuat tenaga jangan sampai warisan budaya ini punah digerus laju zaman. Karena itu pihaknya meminta dibuatkan roadmap sebagai upaya melestarikan warisan budaya ini.

JEPARA - Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta meminta dibuat peta jalan atau roadmap pengembangan dan pelestarian ukir Jepara. Hal itu ditegaskannya saat membuka talkshow Pelestarian Seni Ukir di Balaidesa Tahunan, Jumat (1/7/2022).

Peta jalan ini akan menjadi bagian dari upaya menjaga ukir Jepara agar tidak punah. 

"Saya berharap roadmap ini sebagai upaya untuk mendongkrak kembali seni ukir, karena kian tahun minat masyarakat utamanya generasi muda untuk meneruskan seni ukir semakin berkurang," kata Edy Supriyanta dalam kegiatan yang rangkaian sedekah bumi Desa Tahunan ini.

Kecamatan Tahunan merupakan salah satu sentra ukir yang ada di Kabupaten Jepara. Terdapat lebih dari 2.000 pengusaha ukir di Tahunan. "Jika tiap pengusaha merekrut minimal 10 orang tenaga kerja, ini luar biasa. Namun kita harus mengedukasi dan mengajak generasi muda untuk menuruskan seni ukir," tandas Edy.

Dalam kegiatan ini juga di pamerkan berbagai aneka produk jajanan dan kriya. Berbagai produk itu mendominasi etalase stand yang dijajakan di sepanjang jalan depan Balai Desa Tahunan. Pameran diikuti oleh 8 Rukun Warga (RW) yang ada di Desa Tahunan. Masing-masing RW menawarkan produk UMKM andalan mereka. (mif)