Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meriahnya Karnaval Bersih Desa Di Pelemgede, Sedot Antusias Ribuan Warga

 

Kemeriahan karnaval di Desa Pelemgede Kecamatan Pucakwangi Pati


Ribuan warga menyemut dalam acara karnaval Sedekah bumi Desa Pelemgede Kecamatan Pucakwangi. Dalam acara tersebut sejumlah gunungan diarak keliling desa.

PATI - Pemerintah Desa (Pemdes) Pelemgede Kecamatan Pucakwangi menggelar karnaval atau kirab dalam rangka sedekah bumi, Minggu (24/7/2022).

Karnaval tersebut diikuti oleh semua rukun tetangga (RT) di Desa Pelemgede, perwakilan lembaga desa yakni BPD dan LPMD serta instansi pendidikan di wilayah setempat mulai dari SD 2 dan 3 Pelemgede, SMPN 1 Pucakwangi dan SMK Miftahul Huda.

"kirab dalam rangka bersih desa tersebut merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh pemerintah desa setempat sejak tanggal 19 - 29 Juli 2022. Kurang lebih ada 300 an peserta dari lingkup RT, lembaga desa dan instansi pendidikan," jelas Kepala Desa Pelemgede Hadi Mustamar. 

Acara dimulai pada jam 07.30 WIB, ratusan peserta berkumpul di lapangan desa setempat. Kirab pun didahului dengan kereta wisata yang diisi oleh kepala desa bersama dengan para jajarannya. Selanjutnya, diikuti oleh arak - arakan peserta.

"Sebagian besar peserta ada yang membawa gunungan hasil bumi, gunungan berisi jajanan, ada yang menampilkan kesenian dan budaya serta seni barongan. Semua ini terlaksana berdasarkan antusias bersama," imbuhnya.

Dari sekian banyak peserta, ada sekira 30 gunungan yang dibawa mengelilingi desa setempat. Saat kembali tiba di lokasi, warga pun dengan antusias merebut gunungan - gunungan tersebut. Ada juga yang hasil bumi dan jajanan tersebut dibagikan langsung pada warga yang menyaksikan.

"Semoga melalui kirab ini, dapat membawa keberkahan bagi masyarakat setempat serta pemerintah desa. Semoga pada kesempatan lainnya, acara seperti ini dapat digelar lebih baik lagi," paparnya.

Acara kirab ditutup dengan doa bersama dan pembagian doorprize bagi para peserta. (hus)